Skip to content


Saatnya gunakan Isolator Berbahan Resin Epoksi

Listrik yang sehari-hari kita gunakan, berasal dari sumber pembangkit listrik yang letaknya jauh dari pusat-pusat beban. Oleh karena itu, listrik yang telah dibangkitkan ini lalu dikirim melalui saluran transmisi dan jaringan distribusi. Untuk mengurangi rugi-rugi daya selama penyaluran, maka tegangan listrik dinaikkan hingga beberapa ribu volt. Sebagai konsekuensinya, diperlukan isolator dengan kualitas isolasi yang sangat baik untuk mencegah terjadinya kebocoran arus dan kemungkinan terjadinya flashover karena medan yang sangat tinggi.

Isolator memainkan peranan yang sangat penting dalam sistem ketenagalistrikan, karena dia menjamin keandalan penyaluran energi listrik dari pusat pembangkit hingga sampai ke konsumen. Jika terjadi kerusakan pada isolator, maka dapat mengakibatkan kegagalan dalam mengisolasi konduktor bertegangan dan akan menyebabkan sistem padam (trip).

Saat ini telah dikembangkan bahan polimer Resin Epoksi sebagai bahan pembuat isolator tegangan tinggi, untuk mengganti isolator berbahan keramik, porselen dan kaca. Tertarik untuk mengembangkan dan meneliti kemungkinan bahan Resin Epoksi digunakan sebagai bahan pembuat isolator tegangan tinggi, Abdul Syakur meneliti komposisi bahan pengisi silicon rubber dan silika yang tepat untuk ditambahkan pada bahan Resin Epoksi. Setelah selesai melakukan penelitian untuk disertasi, bertempat di Gedung Fakultas Teknik UGM, Sabtu, 22 Agustus 2015 dilangsungkan Ujian Terbuka Promosi Doktor yang dipimpin oleh Ketua Penguji Ir. Subaryono, MA., Ph.D. Promovendus Abdul Syakur diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil penelitian disertasi selama 10 menit di hadapan tim Penguji mengenai degradasi permukaan pada bahan Resin Epoksi. Screenshot_2015-08-24-13-30-46[1]

Disertasi dengan judul Analisis Degradasi Permukaan Bahan Resin Epoksi Berbahan Pengisi Campuran Silicon Rubber dan Silica akibat Electrical Tracking dengan Promotor Prof. Dr. Ir. Hamzah Berahim MT, Ko-promotor Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D dan Ko-promotor Prof. Ir. Rochmadi, SU., Ph.D secara khusus meneliti degradasi permukaan bahan resin epoksi disebabkan oleh Penuaan Listrik (electrical aging) yaitu dengan menggunakan metode Uji Inclined Plane Tracking mengacu Standard IEC 587:1986. Parameter yang diamati adalah nilai tahanan permukaan sebelum dan sesudah bahan resin epoksi ini mengalami penuaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa komposisi bahan pengisi campuran silicon rubber dan silika dengan kode RTV23 merupakan komposisi yang tepat untuk diusulkan sebagai bahan pembuat isolator tegangan tinggi. Mengacu pada hasil penelitian yang telah dilakukan Arif Jaya (2013), menunjukkan bahwa bahan Resin Epoksi dengan kode sampel uji RTV23 memiliki unjuk kerja yang optimal di bawah kondisi lingkungan tropis. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan isolator dalam rangka menunjang sistem ketenagalistrikan nasional yang handal, sudah saatnya isolator bahan resin epoksi ini bisa diimplementasikan setelah melalui uji dan sertifikasi melalui Badan Standar Nasional.

Ujian terbuka promosi Doktor dipimpin oleh Ketua Penguji Ir. Subaryono, MA., Ph.D dengan 3 anggota penguji merangkap sebagai promotor dan ko-promotor; serta 3 penguji internal yaitu Prof. Dr. Ir. T. Haryono, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Sasongko Pramono Hadi, DEA serta Dr.Eng. Suharyanto, ST., M.Eng. Setelah dilangsungkan tanya jawab serta mendengarkan penjelasan dan uraian hasil penelitian, maka Tim Penguji memutuskan bahwa promovendus Abdul Syakur dinyatakan LULUS Program Doktor dengan predikat MEMUASKAN. Atas pencapaian prestasi tersebut, Tim Promotor diwakili oleh Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D memberikan ucapan selamat, dan memberikan pesan bahwa kekayaan seorang ilmuwan adalah pada ilmunya, oleh karena tidak boleh pelit dalam menyampaikan ilmu dan tidak boleh memperjualbelikan ilmu. Pesan yang sangat dalam dan bermakna ditengah kondisi kapitalis dan sekuler, dimana semua hasil kerja dinilai dengan uang dan benda.

Atas pencapaian ini, Abdul Syakur dengan rasa haru mengucapkan terima kasih kepada Tim Promotor, Tim Penguji dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga selesainya tugas belajar S3 di Teknik Elektro, Program Pascasarjana Fakultas Teknik UGM. (ASy)

Berita yang sama :

1. Abdul Syakur, Raih Doktor Usai Teliti Resin Epoksi

2. Raih Doktor Usai Teliti Resin Epoksi

3. Ujian Terbuka Promosi Doktor Abdul Syakur

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Opini.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar