Skip to content


Kerjasama LPPM, Tingkatkan Kualitas PKM

Tahun 2015, jumlah proposal PKM Undip yang didanai Dikti meningkat. Jika pada tahun 2013 ada 150 PKM yang didanai Dikti, lalu meningkat pada tahun 2014 menjadi 231 proposal PKM lolos didanai Dikti. Tentu saja bertambahnya jumlah proposal PKM mahasiswa Undip ini juga seiring dengan semakin bertambahnya jumlah proposal PKM yang berhasil diunggah ke web simlitabmas Dikti.

tim PIMNAS 2014

Namun demikian, bertambahnya jumlah proposal PKM yang didanai Dikti ini, harus diiringi dengan meningkatnya kualitas PKM. Jangan sampai secara kuantitas meningkat, tapi dari segi kualitas menurun, ini yang harus diantisipasi, demikian kata Abdul Syakur, ST. MT. dosen Teknik Elektro FT Undip yang pernah menjabat sebagai Staf Ahli PR III periode 2011 Р2014. Oleh karena itu, usaha-usaha ke arah peningkatan kualitas proposal PKM terus dilakukan. Selama ini, pendampingan pelaksanaan PKM mahasiswa Undip telah mendapatkan dukungan penuh dari pengurus BEM KM Undip bidang Riset, serta pengayaan materi PKM oleh Tim 17. Sejarah Tim 17 terbentuk adalah saat Undip mengikuti PIMNAS di UMY Yogyakarta tahun 2014 berhasil mengirimkan 17 kelompok PKM. Selanjutnya para mahasiswa yang telah menjadi alumni PIMNAS diminta kesediaan secara sukarela untuk membimbing dan mendampingi adik-adik mahasiswa ketika melaksanakan kegiatan PKM, menyiapkan diri pada saat akan Monev Dikti dan saat akan berangkat ke ajang PIMNAS.

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah PKM, tahun 2015 ini bidang Kemahasiswaan menggandeng LPPM untuk meningkatkan kualitas PKM. Senin, 23 Pebruari 2015 bertempat di ruang sidang BAK, dilaksanakan koordinasi dengan para Reviewer dari LPPM Undip untuk membahas langkah-langkah teknis bagaimana memantau pelaksanaan PKM oleh Mahasiswa. Di hadapan para Reviewer yang hadir, Abdul Syakur, ST. MT. menyampaikan maksud dan tujuan bidang Kemahasiswaan bekerja sama dengan LPPM. Schedule kegiatan PKM yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa, sejak PKM dinyatakan lolos didanai, persiapan Monev Internal dan target pada saat Monev Dikti. Mahasiswa dan dosen pembimbing supaya memperhatikan 0.2*NLK dan 0.5*NM, agar bisa lolos ke PIMNAS 28 nanti.

Hadir dalam rapat koordinasi, Dr. Bambang Sulistyanto, Pembantu Dekan III FPP, menyampaikan point-point penting kerja sama antara bidang Kemahasiswaan dengan LPPM dalam rangka ikut meningkatkan kualitas PKM. Diharapkan, mahasiswa bisa melaksanakan kegiatan PKM dengan sebaik-baiknya dan secara optimal sesuai dengan yang telah dibuat dalam proposal PKM yang tekah dinyatakan lolos didanai.

Selamat melaksanakan kegiatan PKM dengan Kreativ, semoga kalian bisa mengukir prestasi yang baik di ajang PIMNAS 28 nanti.

 

Jogja, 25 Pebruari 2015.

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Kemahasiswaan.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar