Skip to content


BTS Undip Proteksi Petir Gedung Widaya Puraya

BTS Undip yang berdiri megah di belakang gedung Widaya Puraya tentu dibangun fungsi utamanya bukan sebagai proteksi petir. Namun sebagai pemancar radio atau TV. Juga bisa berfungsi untuk memancarkan gelombang untuk keperluan komunikasi internet dan intranet. Namun sejak dibangun hingga sampai dengan ditulisnya artikel ini, tampaknya menara tersebut belum difungsikan sebagaimana mestinya.

BTS Undip Meskipun demikian, menara BTS ini secara otomatis bisa berfungsi sebagai sistem proteksi petir (SPP) eksternal bagi gedung-gedung yang berada di sekitarnya dari sambaran petir secara langsung.

Menara yang menjulang dilengkapi dengan finial pada bagian puncak mengkondisikan ketika ada muatan listrik di awan, pada bagian finial inilah yang akan memulai untuk terjadi pelepasan muatan listrik atau disebut initiation process. Semakin besar muatan listrik yang terbentuk di awan, maka pelepasan muatan listrik di ujung finial akan semakin besar, sehingga akan mudah tertarik ke awan.

Jika kuat medan listrik E antara awan dengan ujung finial telah mencapai titik kritis kuat tembus udara, maka sangat dimungkinkan terjadinya aliran muatan listrik dari awan ke menara tersebut. Peristiwa alam seperti ini biasa disebut terjadi sambaran petir.

Sambaran petir akan mencari struktur-struktur yang menjulang tinggi, utamanya yang terbuat dari logam, karena proses inisiasi ini paling mudah terjadi apalagi berbentuk lancip. Makanya struktur tinggi seperti menara BTS, menara pancar radio, menara transmisi listrik dan gedung bertingkat yang dilengkapi dengan sistem proteksi petir adalah media yang paling senang “dikunjungi” oleh petir ini.

Hal yang perlu menjadi perhatian utama adalah sistem grounding yang ada di menara BTS ini, harus dibuat sedemikian rupa agar saat petir ini datang, muatan listriknya bisa dialirkan segera ke tanah dan habis, tidak menimbulkan efek yang merusak pada peralatan dan orang yang ada di sekitar menara.

Semoga menara BTS Undip yang bediri megah ini bukan hanya sebagai proteksi petir bagi gedung Widya Puraya, tapi segera bisa dimanfaatkan sebagaimana fungsi utamanya.

Catatan : begitu selesai artikel ini saya tulis dan saya unggah, langsung disusul sambaran petir sekali.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Opini.

Tagged with , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar