Skip to content


Pengenalan PKM bagi Mahasiswa PWK Undip

Untuk mengenalkan Program Kreativitas Mahasiswa bagi Mahasiswa Baru 2014 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Undip, telah diselenggarakan Acara PKM Got Talent : PKM Karya Terbaikku, 2014 oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Planologi (HMTP) pada hari Minggu, 12 Oktober 2014 di Aula Gedung Kuliah PWK.

Abdul Syakur, ST. MT. sebagai pembicara pertama, menyampaikan materi mengenai PKM 5 Bidang dan PKM KT (Karya Tulis). PKM 5 Bidang meliputi PKM Penelitian (PKMP), PKM Kewirausahaan (PKMK), PKM pengabdian Masyarakat (PKMM), PKM Teknologi (PKMT) dan PKM Karsa Cipta (PKMKC). Sedangkan PKMKT yaitu PKM Karya Tulis terdiri dari dua jenis PKM yaitu PKM Gagasan Tertulis (PKM GT) dan PKM Artikel Ilmiah (PKM AI). Dari sekian jenis PKM ini, semuanya bermuara pada kegiatan PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional), kecuali PKM AI bermuara menjadi artikel yang diterbitkan dalam bentuk e-Journal.

“Pembuatan proposal PKM 5 harus mengacu pada Buku Panduan PKM tahun 2014 yang diterbitkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Kemdikbud. Panduan PKM ini akan selalu diupdate setiap tahunnya, sehingga para Mahasiswa harus benar-benar teliti dalam membuat proposal PKM. Kesalahan format dan tata tulis menyebabkan proposal tidak akan direview” tutur Abdul Syakur menjelaskannya.

Got Talent 2 PWK

Got Talent 1 PWK

 

Para peserta pelatihan antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini, untuk bekal dalam membuat proposal PKM tahun depan, yaitu tahun 2015. Hal ini mengingat, proposal PKM tahun 2014 sudah selesai diunggah dan pendaftaran sudah ditutup. Peserta diberikan tips dan saran agar dalam mencari gagasan yang akan dibuat menjadi judul PKM supaya disiapkan jauh-jauh hari. Gagasan bisa bersumber dari hasil pengamatan terhadap lingkungan sekitar, atau membaca laporan tugas akhir, membaca berita di koran atau harian, juga bisa berasal dari media TV. Kemampuan menganalisis setiap kondisi yang terjadi di sekitar lingkungan, memudahkan seorang mahasiswa untuk membuat proposal PKM.

Tips, trik dan strategi untuk memperoleh judul-judul PKM yang bermutu, akan dituliskan dalam buku Menggali Gagasan untuk Membuat Proposal PKM. Selamat belajar, berinovasi dan berkreativitas. Semoga setelah mengikuti kegiatan PKM Got Talent 2014 ini, proposal PKM yang dihasilkan oleh mahasiwa semakin meningkat kuantitas dan kualitasnya.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar