Skip to content


PIMNAS 27 : Undip Satu satunya Peringkat 10 Besar dari Jawa Tengah

Tahun 2014 ini, Undip memberangkatkan 13 tim PKM ke ajang PIMNAS 27. Mereka terdiri dari 7 PKMKC, 2 PKMM, 2 PKMK, 1 PKMP dan 1 PKMT. Sebaran fakultas masing-masing ketua tim PKM adalah Fakultas Teknik, Fakultas Sains dan Matematik, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, serta Fakultas Psikologi.

Setelah berlaga di ajang PIMNAS 2014 yang diselenggarakan di kampus Undip Tembalang sejak 25 hingga 28 Agustus 2014, akhirnya kontingen PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Undip berhasil menempati urutan 8 nasional .

“Undip menempati urutan pertama PTN/PTS di Jawa Tengah, setelah berhasil mengumpulkan 3 medali emas dan 1 medali perunggu dalam PIMNAS 27 yang baru saja selesai” ujar Abdul Syakur, Staf Ahli Pembantu Rektor III Universitas Diponegoro sekaligus ketua kontingen PKM Undip, ketika diterima oleh Rektor di dampingi Pembantu Rektor III, di ruang sidang rektor kampus Undip Tembalang.

Semua medali diperoleh dari kelas poster dengan rincian 3 medali emas dari PKMKC, PKMM dan PKMT. Sementara 1 perunggu dihasilkan dari PKMKC.

Medali emas disumbangkan oleh tim PKM :

1. PKMKC, Ketua : Hafidz Aly Hidayat mahasiswa Fakultas Teknik dengan dosen pembimbing Sumardi, ST. MT.

Judul : Purwarupa Unmanned Aerial Vehicle (UAV) sebagai alat bantu tim penyelamat dalam pencarian korban hilang di hutan

2. PKMM, Ketua : Umi Ardiningsih mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan dosen pembimbing dr Raden Djoko Nugroho, M. Kes

Judul : Produksi HANDSANG ( Hand Sanitizer berbahan utama Pelepah Pisang) sebagai Program Percontohan Usaha Mikro Kecil Menengah di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang

3. PKMT, Ketua : Rifki Firdaus mahasiswa Fakultas Teknik dengan dosen pembimbing Norman Iskandar, ST. MT.

Judul : Alat Pengering Kolektor Surya tanpa Listrik (APKOSTRIK) untuk Optimalisasi UMKM Kerupuk di Desa Brabo Kec. Tanggungharjo Kab. Grobogan.

Medali perunggu diperoleh dari PKMKC Ketua : Beta Estri Adiana mahasiswi Fakultas Teknik, dengan dosen pembimbing Rinta Krida L, S.Kom., MT.

Judul : National Integrated Medical Record (NIMER) Berbasis Cloud Computing, Solusi Pengelolaan Rekam Medis yang Terintegrasi dan Berskala Nasional dengan Memanfaatkan e-KTP.

Hasil PIMNAS 2014 ini belum mencapai target yang dicita-citakan, sehingga perlu kerja keras lagi agar prestasi mahasiswa dalam mengikuti PIMNAS tahun berikutnya semakin meningkat.

Arief Sony W dan Arlien Siswanti mewakili ketua-ketua PKM yang lolos PIMNAS dalam kesempatan tersebut menyampaikan perlu adanya peningkatan kerja sama seluruh civitas akademika undip dengan melibatkan alumni PIMNAS untuk diberikan peran yang lebih luas dan persiapan lebih awal sehingga hasil yang diharapkan bisa maksimal.

Sementara itu Pembantu Rektor III Drs Warsito SU dalam kesempatan evaluasi tersebut menghimbau agar para mahasiswa dalam membuat proposal PKM nantinya, jangan asal-asalan karena hanya memenuhi syarat beasiswa, atau hanya mengejar sampai didanai Dikti, namun harus bercita-cita sampai juara dalam PIMNAS. Perlunya peran dosen pendamping dalam membimbing mahasiswa secara intensif sehingga kegiatan PKM bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan masing-masing PKM.

Dalam acara penerimaan kembali kontingen Undip yang telah mengikuti ajang PIMNAS 27, Rektor Undip Prof. Sudharto P. Hadi MES, Ph.D bangga atas prestasi yang diraihnya. “Berusaha sungguh-sungguh disertai dengan doa, jika itu sudah dilakukan, apapun hasilnya tidak perlu disesali” nasehat Prof. Soedarto memberikan semangat kepada para mahasiswa, serta berjanji akan menyampaikan prestasi-prestasi mahasiswa yang telah diraih tersebut kepada Rektor Undip terpilih nanti, agar kegiatan PKM mahasiswa Undip semakin meningkat prestasinya.

Rektor juga bersyukur karena pelaksanaan PIMNAS secara umum telah terlaksana dengan lancar dan sukses, dan Undip sebagai peserta PIMNAS berhasil masuk dalam peringkat 10 besar nasional. Selamat atas prestasi yang telah diraih, sampai jumpa di PIMNAS tahun 2015 dengan prestasi yang lebih baik lagi, sembari menutup acara penyambutan kontingen Undip. Ir/As.

Sumber berita website Undip

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Kemahasiswaan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar