Skip to content


Pohon Kandri Pelenyap Petir

Pohon Kandri dengan nama latin   Bridelia Monoica banyak dijumpai di sekitar kilang minyak Pertamina Cilacap. Mengapa pohon Kandri ini banyak ditanam di sana ? Karena suatu alasan yang sangat penting bagi keselamatan kilang-kilang minyak di pertamina Cilacap, agar tidak terkena sambaran petir.

Kandri 2Informasi ini sudah ada cukup lama, melalui berita di harian Suara Merdeka. Selain menggunakan sistem proteksi eksternal sangkar Faraday, di sekitar kilang minyak di Pertamina Cilacap, juga ditanami pohon Kandri, dan hingga sampai sekarang, pohon Kandri masih dijumpai di sana.

Abdul Syakur, ST. MT. dosen teknik elektro Universitas Diponegoro sangat tertarik dengan adanya fenomena ini, dan ingin melihat secara langsung seperti apakah pohon Kandri ini. Seorang alumnus teknik elektro Undip bapak Sardjana yang bekerja di PT. Phapros Semarang, memberitahukan kalau pohon Kandri ini juga ditanam di komplek PT Phapros dengan harapan dan tujuan yang sama, yaitu untuk menghilangkan efek sambaran petir di sekitar wilayah itu. (Foto 1. Batang Pohon Kandri dan nama latinnya). Diketahui, sampai dengan tahun terakhir ini, lokasi-lokasi di sekitar Simongan ini intensitas petir cukup tinggi dan mengganggu peralatan yang ada di perusahaan. Padahal pihak perusahaan juga sudah memasang proteksi petir ekstenal jenis proteksi aktif, namun masih terjadi gangguan yang disebabkan oleh karena adanya sambaran petir. Lalu ada seorang kawan, menyarankan agar ditanami pohon Kandri di sekitar lokasi yang sering terkena sambaran petir. Ada beberapa pohon Kandri ditanam di lokasi yang cukup rawan terhadap bahaya sambaran petir.Kandri 3

(Foto 2. Abdul Syakur bersama mahasiswa di depan pohon Kandri).

Hal yang menarik dan selalu menimbulkan pertanyaan bagi Abdul Syakur adalah mengapa pohon kandri ini bisa menghilangkan / melenyapkan sambaran petir ? Ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab antara lain :

1. Sebelum ditanami pohon Kandri banyak sambaran petir, setelah ditanami pohon Kandri, tidak ada lagi sambaran petir. Benarkah demikian ?

2. Sebelum ditanai pohon Kandri banyak sambaran petir dan merusak peralatan listrik dan elektronik, setelah ditanami pohon Kandri masih banyak sambaran petir, tapi tidak ada peralatan listrik dan elektronik yang rusak. Benarkah demikian ?

Kalau pertanyaan no 1 dijawab benar, berarti pohon Kandri memiliki kemampuan untuk melenyapkan/meniadakan sambaran petir di lokasi tersebut. Lalu sifat-sifat apakah yang dimiliki oleh pohon Kandri ini, sehingga bisa menghilangkan sambaran petir ?

Kalau pertanyaan no 2 dijawab benar, berati pohon Kandri tidak melenyapkan petir, karena petir masih sering terjadi petir, namun pohon Kandri dapat melindungi peralatan listrik dan elektronik yang berada di sekitar pohon Kandri.

Untuk hal-hal inilah, Abdul Syakur beserta mahasiswa peserta kuliah Sistem Proteksi Petir, tertarik untuk meneliti sifat-sifat yang dimiliki oleh pohon Kandri, jika benar dapat melenyapkan sambaran petir. Diharapkan melalui penelitian ini, dapat menjawab fenomena lenyapnya sambaran petir di sekitar pohon Kandri secara ilmiah, bukKandri 1an lagi Konon Katanya. (Foto 3. Abdul Syakur, Sardjana, dan Mahasiswa berfose membelakangi pohon Kandri di komplek PT. Phapros Simongan Semarang)

 

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Opini.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar