Skip to content


Awan Berpotensi Terbentuknya Petir

Bulan Nopember hingga Januari memiliki intensitas hujan yang cukup tinggi. Musim hujan seperti saat ini, seringkali disertai dengan adanya petir. Jumlah sambaran petir atau guruh yang terjadi di awan lebih banyak (80%) dibandingkan dengan sambaran petir yang mencapai bumi. Meskipun probabilitas sambaran petir ke bumi ini sedikit, namun dampak yang diakibatkan sangat fatal, karena dapat merusak peralatan bahkan menimbulkan ancaman kematian bagi yang terkena sambaran petir ini. Sambaran petir ini merupakan bentuk pelepasan muatan listrik statis di awan menuju bagian-bagian yang memiliki potensial lebih rendah. Muatan listrik ini mengalir dengan kecepatan yang sangat tinggi, hingga 1/3 kecepatan cahaya.

Lalu bagaimana mekanisme terbentuknya muatan listrik di awan ini berlangsung ?

Awan dan SUTTAwan dihasilkan dari proses penguapan air yang ada di daratan, sungai, danau, laut dan lain-lain dengan membawa partikel-partikel padat bermuatan berukuran mikro.. Pada ketinggian tertentu, uap air tersebut akan terkondensasi karena suhu udara yang rendah. Kumpulan awan-awan tersebut kemudian bergesekan dengan udara panas yang bergerak menerobos bagian-bagian awan tersebut. Gesekan antara udara panas dengan awan yang membawa partikel-partikel bermuatan tadi, menghasilkan muatan listrik statis. Proses produksi muatan-muatan listrik statis dari gesekan udara panas dengan awan ini disebut dengan elektrifikasi.

Semakin lama berlangsungnya elektrfikasi, maka muatan listrik yang dihasilkan akan semakin banyak, dalam satuan Mega Coloumb. Jika muatan listrik awan semakin meningkat, maka beda potensial antara satu awan dengan awan yang lain atau awan dengan bumi akan semakin besar. Beda potensial ini yang akan mengawali proses terjadinya pelepasan muatan listrik. Pada saat beda potensial antara awan dengan bumi semakin meningkat, maka kuat medan listrik E yang terbentuk juga semakin besar. Jika kekuatan dielektrik udara yang berada di antara awan atau awan dengan bumi sudah terlampaui, maka pelepasan muatan listrik ini tidak dapat dihindari, terbentuklah petir.

===> to be continued ……

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar