Skip to content


Kafilah MTQ Mahasiswa UNDIP Tingkat Nasional

Logo MTQMTahun 2013 ini, DIKTI akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Padang. Bertindak sebagai tuan rumah adalah Univeritas ANDALAS (UNAND) dan Universitas Negeri Padang (UNP). Acara dua tahunan ini akan dihelat mulai tanggal 23 Juni hingga 29 Juni 2013. MTQ Mahasiswa tingkat Nasional periode sebelumnya yaitu tahun 2011 diselenggarakan di Universitas Muslim Makasar Indonesia (UMMI).

Universitas Diponegoro melalui Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) akan mengirimkan kafilah untuk ikut aktif dalam kegiatan MTQM Nasional ini. Berbagai persiapan telah dilakukan, mulai dari seleksi dari tingkat Universitas hingga pembinaan. Pada tahun 2013 ini, secara kebetulan acara tahunan MTQ tingkat Provinsi Jawa Tengah tidak diselenggarakan, padahal ajang ini bisa digunakan untuk latihan bagi para kafilah sebelum tampil di tingkat Nasional. Dengan tidak adanya MTQ tingkat Jawa Tengah ini, maka hasil seleksi tingkat Universitas langsung dilakukan pembinaan untuk persiapan MTQM tingkat Nasional.

Cabang apa saja yang akan diikuti dan siapa saja yang akan tampil di acara MTQM tingkat Nasional ?

Berbeda dengan kafilah MTQM pada tahun 2011, maka pada MTQM tahun 2013 ini, UNDIP akan mengirimkan kafilahnya untuk mengikuti beberapa cabang musabaqah, yaitu :

1. Musabaqah Tilawah Al Quran (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/mtq)

Putra : Azmi Nazal Globalian ( Mendapat Juara Harapan II )

Putri : Deariska

2. Musabaqah Tartiil Al Quran (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/mtarq)

Putra : Fajri Hakim

Putri : Dewi Luqmania

3. Musabaqah Hifdzil Quran 1 Juz (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/mhq1)

Putra : Wahid Hasyim ( Juara III )

Putri : Arifah

4. Musabaqah Hifdzil Quran 2 juz (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/mhq2)

Putri : Lailatul Maghfiroh

5. Musabaqah Syarhil Quran (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/msq) dan

Nurul Isnaeni, Zahra Nur Laila, Putry Khusnul Khotimah.

6. Musabaqah Karya Ilmiah Al Quran (http://mtqmn13.unand.ac.id/kategori/mkiq)

Putri Mariasari Sukendar, Arif M

Pembinaan bidang Tilawah, Tartil dan Hifdzil Quran dilakukan di Masjid Agung Jawa Tengah, dibimbing langsung oleh para Qori dan hafidz yang berpengalaman dalam mengikuti MTQ tingkat Nasional dan Internasional. Sementara pembinaan untuk bidang Syarhil dan Karya Ilmiah dilakukan di kampus UNDIP Tembalang.

Abdul Syakur, ST. MT. mendapatkan tugas sebagai official MTQM tingkat Nasional tahun 2013, yang akan bertugas mendampingi para kafilah dalam mempersiapkan, pembinaan dan saat tampil di acara MTQM yang akan dilaksanakan di UNAND Padang dan UNP Padang. Kabag Kesma Dra Anna Endah S, MM menyampaikan wejangan agar menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat, berlatih sungguh-sungguh dan tetap menjaga kekompakan kafilah, berangkat sehat selamat, demikian pula saat pulang sehat selamat, syukur dengan membawa prestasi yang memuaskan. Sebuah harapan yang simple dan sederhana, tidak muluk-muluk, namun sangat dalam maknanya.

Adapun mahasiswa yang lolos seleksi dan menjadi kafilah UNDIP ini cukup bervariasi, dari berbagai fakultas yang ada di UNDIP. Ada yang dari Fakultas Teknik, FISIP, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Kedokteran. Selama persiapan, seleksi tingkat universitas hingga pengiriman berkas dan administrasi dibantu sepenuhnya dari adik-adik mahasiswa di UKM Kerohanian Islam UNDIP (INSANI) bekerja sama dengan Ta’mir Masjid Kampus UNDIP.

Mohon doa dan dukungan dari segenap sivitas akademika UNDIP, agar kafilah UNDIP yang berangkat untuk mengikuti MTQM tingkat Nasional tahun 2013 ini semua dalam kondisi sehat, selamat dan pulang kembali dengan membawa prestasi yang cemerlang. Aamiinn.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Kemahasiswaan.

Tagged with .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar