Skip to content


Pelatihan PKM di UKM RnB

Demam pelatihan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) di Undip, bak wabah yang masiv. Lembaga mahasiswa dari tiap-tiap Fakultas juga ditingkat Jurusan/Program Studi berlomba mengadakan Pelatihan PKM. Sabtu-Minggu ini, 13-14 April 2013, Forum Studi Teknik (FST) menyelenggarakan Pelatihan dan Penulisan PKM. Acara dipandu dan dibimbing oleh Tim 17 ( suatu tim yang terdiri dari para mahasiwa yang pernah mengikuti kegiatan PIMNAS 26 di UMY Yogya tahun 2012). Saya sendiri diundang sebagai pembicara pada acara tersebut, tapi tidak bisa hadir, karena ada kegiatan bersama keluarga. Pertimbangan lainnya, untuk proses kemandirian Tim 17 agar lebih berpengalaman dengan menambah jam terbang dan memberikan kepercayaan diri yang tinggi kepada Tim 17.

Saya memenuhi undangan untuk menjadi pembicara di UKM RnB pada hari Minggu, 14 April 2013, sekaligus sebelumnya mewakili Pembantu Rektor III Undip, untuk membuka dan memberikan sambutan pada acara Seminar Senam Hati dan Otak Kanan yang dilaksanakan oleh Bidang Kesejahteraan Mahasiswa BEM UNDIP.

Sebelum penyampaian materi, saya putarkan satu film inspirasi HHN atau H2N. Agar para mahasiswa dalam menyikapi masalah yang selalu hadir dengan menggunakan rumuh H2N yaitu Hadapi, Hayati dan Nikmati. Dengan cara demikian, setiap masalah akan menjadi pelajaran yang berharga dan menjadi modal untuk melangkah pada jenjang berikutnya. Dalam kesempatan pelatihan ini, saya menyampaikan materi PKM 5 bidang dan Kiat Memunculkan Gagasan untuk membuat judul PKM. Peserta yang hadir dari berbagai fakultas, kecuali Psikologi, mengikuti dengan antusias. Beberapa diantaranya sudah memiliki judul-judul PKM yang sudah siap untuk diajukan ke Dikti. Berikut ini beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para peserta :

1. Ali dari Teknik Geologi

Sudah punya tema tentang Rice Cooker Energi Surya < hayo jangan dicontek yahhh, ini idenya Ali >

2. Desy Galuh dari FPP

Pertanyaan, apakah PKM-GT, hanya berupa sumbangan ide? Apakah boleh kalau PKM-P, tapi mengungkap kejelekan, keburukan atau kekurangannya ? dan sudah punya ide untuk PKM yaitu Kompor dgn Tenaga Surya < yg ini juga, jangan dicontek yahhh, ini idenya Desy lho >

3. Amri dari FEB.
Pertanyaannya, apakah bisa mengimplementasikan gagasan/ide yg sudah ada, misalnya dari Skripsi ?
4. Hikari, dari Oseanografi FPIK.
Ide memanfaatkan Panas Matahari yang ada di Laut dengan Teknologi OTEC.
Memungkinkan apa tidak bila kita memproduksi nori asli indonesia?
5. Adun, dari Oseanografi FPIK.
Bagaimana kalau jaringan Listrik dibuat di bawah tanah saja, sehingga kota menjadi rapi ?
6. Aul, T. Arsitektur FT.
Apakah bisa mengajukan PKM yg sudah pernah dibuat, tetapi disempurnakan kembali ?
Wah, acara pelatihan ini seru sekali, sampai-sampai masih banyak pertanyaan yang belum bisa diajukan karena keburu waktunya habis. Padahal sudah 120 menit, masih ibanyak yang ingin ditanyakan dan didiskusikan. Acara pelatihan sesi ini, ditutup dengan foto bersama antara pembicara dengan para peserta dan panitia. Selamat membuat PKM, saya tunggu karya hebatmu wahai mahasiswa.
< saya tunggu juga foto bersamanya untuk diuplod di sini >
Salam dan sukses.
abdul SYAKUR
Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita, Kemahasiswaan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar