Skip to content


MAPRES UNDIP 2013

Biasanya memang disebut Mawapres merupakan singkatan dari Mahasiswa Berprestasi. Kali ini saya tulis Mapres saja, meskipun maksudnya sama yaitu Mahasiswa ber-Prestasi. Tahun 2013 ini, Biro Administrasi Kemahasiswaan UNDIP melaksanakan seleksi Mapres dalam dua tahap. Tahap pertama seleksi terhadap 3 mapres perwakilan masing-masing Fakultas. Hasil dari seleksi Mapres tahap pertama ini adalah 10 peringkat tertinggi ditambah dengan satu wakil dari Fakultas jika tidak ada mapres dari Fakultas tersebut yang masuk ke dalam peringkat 10. Tahap kedua untuk memilih Mapres yang akan dikirim ke tingkat Nasional, dari Program Sarjana (S1) dan Program Diploma (DIII).

Pelaksanaan seleksi Mapres tahap kedua pada hari Jumat hingga Minggu, 5 – 7 April 2013 bertempat di Pondok Remaja Salib Putih di daerah Salatiga, dekat dengan jalan Lingkar Salatiga.

Pondok remaja

Peserta mapres tahun ini ada 20 orang, terdiri dari 14 mahasiswa dari Program S1, dan 6 mahasiswa dari Program Diploma III. Mereka adalah Fika (FISIP), Edward (FK), Azka (FK), Ochi (FK), Alfi (FPP), Septa (FSM), Septika (FT), Intan (FT), Putri (FPsi), Army (FIB), Wildan (FPIK), Rafsanja (FH), Sandy (FEB) dan Mito (FKM).
Sementara itu peserta mapres dari Diploma Tiga adalah Fahmi (FT), Wahyu (FISIP), Qory (FPP), Dian (FSM) dan Maharani (FEB) dan Intan Permatasari (FEB). Mereka berpose setelah kegiatan mapres selesai dilaksanakan.

Mapres 2013 up

Suasana lingkungan yang sejuk serta asri membuat para peserta mapres kerasan dan sangat menikmati, demikian juga para juri yang bertugas untuk melakukan seleksi serta verifikasi data-data kelengkapan pencapaian prestasi mahasiswa. Dosen yang bertugas sebagai Juri Karya Ilmiah dan Bahasa Inggris adalah bu Tri Winarni (FPIK), pak Siswo (FT), pak Mualimin (FIB) dan pak Ari Subono (FISIP). Juri untuk test psikologi dan kepribadian adalah Dra Siswati M.Si dari Fak. Psikologi. Sedangkan yang bertugas untuk verifikasi data kelengkapan pencapaian prestasi mahasiswa adalah pak Agung Budiatmo (FISIP) dan saya sendiri Abdul Syakur (FT). Sejuknya terasa di setiap sudut ruangan, sejuk yang alami karena tidak perlu menggunakan pendingin atau AC seperti biasanya di Hotel.

Mapres dan Juri

Pada hari terakhir pelaksanaan Mapres 2013, Ketua Panitia Dr. Rudhi Pribadi, M.Sc, mengumumkan hasil seleksi Mapres dari Program S1 dan Diploma III. Untuk Program S1 mahasiswa yang akan mewakili ke tingkat Nasional adalah Azka dari FK angkatan 2009. Sedangkan dari Program Diploma III yang akan maju ke tingkat Nasional adalah Fahmi dari FT.

Seluruh peserta Mapres sangat gembira, karena mereka sebenarnya adalah mahasiswa-mahasiswa terpilih dari Fakultas masing-masing, dan untuk selanjutnya mereka telah membentuk sebuah ikatan yang disebut dengan Keluarga Mahasiswa Berprestasi 2013 dan berjanji untuk mensukseskan Program Mapres pada tahun-tahun berikutnya. Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) bu Ipung berpesan agar kebersamaan dan kekompakan tetap dijaga, para mapres diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positif bagi pengembangan kegiatan kemahasiswan selanjutnya.

Seluruh panitia yang bertugas, ada pak Tri Susanto (Kasubag Minat), bu Yeti (sekretaris Biro) menyampaikan rasa syukur karena acara Mapres tahun 2013 ini berjalan dengan lancar. Dalam sambutan sekaligus penutupan acara Mapres 2013, Pembantu Rektor III, Drs. Warsito, SU berpesan agar prestasi mahasiswa jangan hanya berhenti sampai di sini (mapres), tapi teruslah meningkatkan prestasinya, kelak akan bermanfaat ketika terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Kepada Mapres yang terpilih untuk mewakili UNDIP ke tingkat Nasional, agar mempersiapkan segala sesuatunya dengan sebaik-baiknya, sehingga targat lolos berkas dan masuk peringkat Nasional. Tentu perlu kerja keras dan usaha dari Mapres itu sendiri, juga didampingi oleh dosen pembimbing. Selamat kepada seluruh Mapres 2013, anda layak untuk menjadi MAHASISWA BERPRESTASI dan SIAP MENGEMBAN AMANAH SEBAGAI DUTA UNDIP.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Kemahasiswaan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar