Skip to content


Pelatihan Tegangan Tinggi

Untuk meningkatkan kemampuan penelitian para dosen dan menjalin kerjasama penelitian bersama, telah dilakukan Pelatihan Tegangan Tinggi bagi staf pengajar dari Akademi Minyak dan Gas (AKAMIGAS) Cepu. Mereka adalah Kurniawan, S.ST, Moh. Zaki, ST dan Eva, S.ST. Materi pelatihan mengenai Pemanfaatan Elektronika Daya untuk Pembangkitan Tegangan Tinggi disampaikan oleh Ir. Agung Warsito, DHET. Untuk materi Rangkaian Reaktor Plasma untuk Produksi Ozon disampaikan oleh Abdul Syakur, ST. MT.

Acara pelatihan dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Ir. Agung Warsito, DHET didampingi oleh Kepala Laboratorium Konversi Energi Listrik dan Sistem Tenaga Ir. Yuningtyastuti, MT.

Dalam kesempatan itu, Kajur Elektro menyampaikan harapan agar para peserta mengikuti kegiatan pelatihan secara penuh dan berlanjut dengan kerjasama penelitian bersama. Acara pelatihan diisi dengan presentasi teori dasar dan aplikasi tentang elektronika daya untuk keperluan pembangkitan tegangan tinggi, demikian juga diberikan materi tentang dasar pembangkitan tegangan tinggi dan aplikasinya untuk menghasilkan lucutan korona pijar. Korona pijar ini bereaksi dengan oksigen O2 untuk menghasilkan Ozon O3. Korona pijar dan Ozon yang dihasilkan ini dimanfaatkan untuk mengolah limbah cair. Hasil uji selanjutnya dibawa ke Laboratorium Teknik Lingkungan untuk diuji kandungan COD, BOD, pH, TSS, kandungan logam Fe, Cu, Cr. Dihari kedua para peserta melakukan uji coba pembangkitan tegangan tinggi AC, DC dan Impuls dengan dibantu oleh para mahasiswa.

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.

*



Skip to toolbar