Skip to content


Waspada saat Musim Hujan

Ketika hujan deras disertai dengan angin kencang dan suara gelegar petir, kita perlu meningkatkan kewaspadaan. Akibat dari peristiwa yang terjadi secara bersamaan ini bisa menimbulkan korban manusia, kecelakaan dan kerusakan pada peralatan.

1. Hujan Deras

Hujan deras bisa menimbulkan banjir bandang dan tanah longsor, terutama untuk daerah-daerah rawan longsor yang memiliki tebing dengan ketinggian tertentu. Daerah yang dilewati aliran sungai sangat potensial untuk terkena banjir bandang, dimana volume air sungai menjadi sangat besar hingga meluap, bergerak dengan kecepatan dan daya hanyut yang tinggi karena membawa partikel tanah dan lumpur, mampu menghanyutkan barang-barang bahkan merontokkan tanah yang berada di di sekitar bantaran sungai. Sedangkan bahaya lain adalah terjadinya tanah longsor, karena tak mampu menahan aliran air dari ketinggian tertentu, sehingga tanah bergerak turun secara bersama-sama dengan aliran air. Daerah rawan longsor biasanya yang memiliki tebing dan perbukitan.

2. Angin Kencang

Angin yang bergerak dengan sangat cepat di saat hujan deras, bisa mengakibatkan pohon-pohon bertumbangan, apalagi kalau pohon tersebut sudah berumur tua, banyak cabang dengan daun yang sangat rimbun, potensial untuk terjadin patah bahkan roboh karena tanah tak mampu lagi menyangga dorongan angin yang sangat keras. Kewaspadaan ditingkatkan terutama saat hujan deras disertai angin kencang, bagi warga yang berada di dekat pohon-pohon besar dan rindang, juga bagi para pengendara sepeda motor dan mobil yang akan melewati jalan dengan pepohonan nan rindang, sangat perlu untuk berhati-hati dan waspada. Ada baiknya sebelum datang hujan yang disertai dengan angin kencang, pihak warga masyarakat dan pemerintah kota yang menangani masalah tata kota, terkait dengan pohon-pohon yang rindang ini, segera dilakukan penebangan atau pemotongan pada cabang dan ranting yang sekiranya potensial mengakibatkan pohon tumbang. Kerja bakti dilakukan dengan pihak PT. PLN bagian jaringan dan distribusi untuk memangkas ujung-ujung pohon dan cabang yang sudah menjangkau jaringan kawat konduktor. Karena kalau tidak dipotong atau dipangkas, maka pada saat hujan deras disertai angin, bisa saja ranting dan cabang pohon ini patah hingga mengenai kawat konduktor jaringan listrik, yang akan menyebabkan terjadinya hubung singkat (short circuit) atau korsleting dari ujung pohon ke tanah. Ataupun kalau tidak patah, tapi ujung-ujung pohon itu saat tertiup angin dapat menjangkau kawat listrik, maka akan terjadi gangguan pada jaringan listrik hingga sampai akhirnya listrik padam. Beberapa tahun ini, pohon tumbang pada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang telah menimbulkan banyak kerugian material, rusaknya mobol di jalan hingga korban kematian tertimpa pohon yang tumbang, juga padamnya aliran lsitrik pada saat hujan.

3. Hujan deras disertai Petir

Peristiwa hujan deras disertai gelegar suara petir merupakan peristiwa alam yang sangat dahsyat. Tuhan menciptakan hujan dan petir untuk tujuan manfaat yang sangat besar (baca Manfaat Petir). Namun selama ini, lebih banyak sisi negatif yang diingat pada saat hujan disertai dengan sambaran petir. Hal ini sangat beralasan, karena petir merupakan peristiwa yang sangat menakutkan. Korban yang meninggal akibat sambaran petir sering kita dengar terutama pada warga yang sedang bekerja di sawah, atau sedang memperbaiki genteng pada saat hujan. Tidak sedikit peralatan elektronik seperti TV, Komputer, Radio juga mengalami kerusakan pada saat petir menyambar di daerah sekitar kita. Saat bersamaan juga seringkali terjadi saat hujan deras disertai petir, maka aliran listrik langsung padam/mati. Maka tindakan preventif agar terhindar dari sambaran petir, hal-hal yang dapat dilakukan adalah : a. Agar segera meninggalkan tempat terbuka (seperti sawah, ladang, lapangan sepak bola, lapangan golf). b. Jangan berlindung di bawah pohon yang menjulang tinggi, karena pohon tersebut berpotensi untuk disambar petir. c. Mencabut kabel peralatan elektronik seperti TV, komputer, radio dari jaringan listrik, pada saat terjadi hujan deras disertai petir, kecuali untuk rumah/gedung dengan sistem perlindungan yang dilengkapi dengan arde. d. Memasang peralatan untuk melindungi dari sambaran petir di bagian luar rumah dan memasang peralatan penyalur petir untuk piranti elektronik. Mumpung belum terjadi, lakukan langkah-langkah tindakan preventif tersebut. Sehingga pada saat terjadi hujan deras disertai angin kencang dan sambaran petir, anda akan cukup aman dari gangguan yang mungkin terjadi.

Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar