Skip to content


Sosialisasi PKM bagi Dosen di FKM UNDIP

Kegiatan sosialisasi PKM di UNDIP bagi mahasiswa juga dosen pembimbing PKM. Tahun 2012 ini, PKM mahasiswa UNDIP yang didanai Dikti mencapai 241. Menurut Drs. Warsito, SU selaku PR III Undip mengatakan bahwa pihaknya masih merasa PKM kurang mendapat respons dari mahasiswa, jika dibandingkan dengan kampus-kampus lain.

Maka dalam rangka meningkatkan jumlah dan kualitas PKM, selain melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh BEM Ristek UNDIP, juga sosialisasi bagi dosen-dosen pembimbing PKM. Hari ini, Rabu 27 Juni 2012, betempat di gedung C dilaksanakan Sosialisasi PKM bagi dosen pembimbing.

 

Acara dipandu oleh Pembantu Dekan III, Ir. Suyatno, M.Kes. dengan menghadirkan dua pembicara yaitu dr. Ony Setiany, Ph.D (reviewer PKM tingkat Nasional) dan Abdul Syakur, ST. MT (staf ahli Pembantu Rektor III bidang kemahasiswaan ), dan dihadiri dosen-dosen di lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP.

Dalam kesempatan ini, abdul Syakur menyampaikan jenis PKM secara singkat melipitu PKM-P, PKM-T, PKM-M, PKM-K, PKM-KC serta PKM GT dan PKM AI. Tahapan penilaian sampai ke PIMNAS secara berjenjang mulai dari Seleksi tahap I saat pengiriman proposal PKM ke DIKTI dan dinyatakan Lolos didanai DIKTI, Seleksi II dilakukan bersamaan dengan MONEV PKM yang dilakukan oleh DIKTI, adn Seleksi III di ajang PIMNAS.

Tugas dosen lebih ringan daripada mahasiswa, karena hanya bersifat sebagai pendamping dan ikut memberikan pengarahan yang bersifat konsultasi. Mahasiswa-lah yang dominan, paling banyak melakukan kreasi dan inovasi. Dalam kesempatan ini juga disampaikan bahwa PKM-T dan PKM-M itu harus mengikutsertakan mitra. Hasil dari PKMM harus bisa memberdayakan masyarakat atau mitra usaha, dimana PKMM itu dilaksanakan, seperti yang dilakukan oleh Silvia Merdikawati dkk (tim PKMM UNDIP yang lolos ke PIMNAS) di daerah Wonosobo.

Beritanya hari ini ada di Suara Merdeka.

Diharapkan setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, maka dosen bisa mensisialisasikan kepada mahasiswa, juga siap saat diminta oleh mahasiswa untuk menjadi pembimbing PKM. Acara diselingi tanya jawab peserta sosialisasi dan beberapa dosen memberikan masukan dan saran untuk perbaikan agar proposal PKM ke depan jumlah dan kualitasnya meninigkat, lebih baik lagi.

 

Mahasiswanya Berprestasi, Mengharumkan Institusi.

abdul SYAKUR

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Kemahasiswaan.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar