Skip to content


Kunjungan KKN Tlogomulyo

Sabtu, 28 Januari 2012 KKN Kec Tlogomulyo Kab. Temanggung.

Melanjutkan tugas sebagai DPL KKN Temanggung Kecamatan Tlogomulyo, hari ini Sabtu 28 Januari 2012 kegiatan saya mengunjungi desa-desa yang belum dikunjungi pada waktu kunjungan yang pertama [Kerokan, Balerejo, Sriwungu dan Tanjungsari].

Mengingat lokasi desa yang berjauhan dan jalan yang tidak mudah dilewati mobil, akhirnya saya berbagi tugas dengan DPL yang lain. Untuk hari ini, kunjungan pertama di desa LANGGENG. Desa ini ditempuh melalui jalur yang agak sulit untuk dilewati mobil, karena jalan berbatu dan menanjak. Dari arah kecamatan Tlogomulyo, letak desa Langgeng berada di per-4-an jalan arah ke kiri. Sedangkan jika lurusa sampailah ke desa CANDISARI, dan jika belok kanan sampailah ke desa SRIWUNGU.

Posko Desa LANGGENG, berada di bawah balaidesa. Jadi lantai atas digunakan untuk kantor administrasi desa, sedangkan yang bawah digunakan untuk posko KKN. Sebagian mahasiswa sedang mengerjakan tugas-tugas KKN, ada yang sedang membantu proses belajar mengajar di SD, ada juga yang sedang melakukan penyuluhan. Saya berpesan, agar mahasiswa melaksanakan 5 program pokok 3 tema, juga melaksanakan program yang telah disusun bersama kepala desa. Selain itu laporan kegiatan KKN dalam bentuk reportase dan persiapan membuat proposal PKM GT dan AI. Info untuk kegiatan ekspo akan dilakukan secara bersama-sama dengan 4 kecamatan yang lain di Kabupaten temanggung.

Posko Desa LOSARI, ditempuh sekitar 25 menit dari desa Langgeng. Menuju ke Kantor Balai desa, bertemu dengan 3 mahasiswa KKN, karena mahasiswa yang lain sedang melaksanakan kegiatan, termasuk kegiatan baris berbaris bagi Pramuka Siaga di SD Losari. Selanjutnya mengunjungi posko KKN yang berada di rumah kepala Desa Bapak Mujiyono. Sambil menikmati hidangan teh hangat disela dinginnya udara Temanggung, kami diterima kepala desa yang kebetulan pada waktu itu juga ada Kepala Desa Tanjung Sari bapak Budiyono. Saya berpesan kepada para mahasiswa yang sedang KKN untuk melaksanakan kegiatan yang diprogramkan bersama antara mahasiwa dengan kepala desa.

Desa PAGERSARI, untuk mencapai desa ini tidak begitu sulit, lebih dekat lagi. Sesampainya di posko KKN, langsung bisa bertemu dengan seluruh mahasiswa KKN dan didampingi kepala desa pagersari, Bapak Turmudi. Dalam kesempatan ini, kepala desa menyampaikan rasa “kecewa”nya, mengapa KKN hanya 35 hari ? ujarnya. Akan lebih baik lagi kalau minimal ya 2 bulan atau 60 hari, sehingga mahasiswa bisa melakukan kegiatan yang lebih bermanfaat. Ini artinya kepala desa berharap agar kegiatan KKN tidak hanya sebentar 35 hari saja. Sementara saya berpesan kepada mahasiwa agar bisa mengamalkan ilmu yang telah diperoleh di kampus, kebetlualn kordesnya Edi dari Fak Peternakan yang akan berbagi pengetahuan tentang ternak Ikan serta membuat pupuk organik dalam rangka meningkatkn produk bawang di desa Pagersari.

Posko Desa CANDISARI, sambutan hangat dan senyum ramah dari kepala desa dan para mahasiswa yang sedang KKN di desa Candisari ini.  Semua mahasiswa sehat dan baik-baik saja, kegiatan KKN dilaksanakan dengan baik. Posko KKN bertempat di rumah pak kepala desa yang masih dalam tahappembangunan. Hampir semua ruangan bisa diakses oleh mahasiswa, kecuali kamar pak kades tentunya yang tidak bisa. Kordes Candisari, Resa mengelola KKN desa Candisari dengan semangat dan ramah, tidak perlu tegang dan stress. Semua dijalani dengan guyup dan penuh dengan canda, tapi semua program bisa dilaksanakan dengan baik. Hubungan dengan warga juga baik dengan ikutnya mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.

Posko Desa Tlogomulyo, ini desa terakhir yang saya kunjungi pada kesempatan hari ini, karena waktu sudah menunjukkan waktu 16.15 wib. Beberapa kordes berkeumpul di posko Tlogomulyo ini, untuk menyampaikan beberapa hal kepada DPL. Sementara mahasiswa KKN desa Tlogomulyo sendiri, hadir lengkap. Laporan kordes Tlogomulyo, ada satu mahasiswa yng sudah 6 hari tidak hadir dalam KKN. Tentu ini sangat merugikan bagi mahasiwa itu sendiri, namun tidak berakibat pada teman-teman mahasiswa yang lain. Pesan saya, agar mahasiswa melaksanakan 5 program pokok 3 tema, melaksanakan kegiatan yang sudah diprogramkan bersama kepala desa, membuat laporan KKN dalam bentuk reposrtase dan persiapan membuatn proposal PKM AI.

Jadi hari ini, desa yang bisa dikunjungi adalah : Langgeng, Losari, Pagersari, Candisari dan Tlogomulyo. Masih ada beberapa desa yang belum bisa saya kunjungi yaitu : Legoksari, Tlilir dan Gedegan.

Salam dan sukses untuk mahasiswa KKN Tlogomulyo.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar