Skip to content


241 PKM Undip Terima Dana Dikti

Sumber SUARA MERDEKA, Sabtu 21 Januari 2012

SEMARANG- Sebanyak 241 proposal program kreativitas mahasiswa (PKM) Universitas Diponegoro (Undip) lolos dan menerima kucuran dana dari Ditjen Pendidikan Tinggi (Dikti). Proposal yang dinyatakan berhasil tersebut terbagi dalam lima kategori atau bidang.

Jumlah proposal yang lolos pada tiap bidang antara lain, untuk PKM kewirausahaan (64 proposal), PKM pengabdian masyarakat (35 proposal), PKM penelitian (106 proposal), PKM teknologi (17 proposal), dan PKM karya cipta (19 proposal).

Kepala Bagian Minat Penalaran, Fasilitas, dan Informasi Kemahasiswaan, Drs Satoto Sidi Purnomo mengatakan, 241 proposal yang dinyatakan lolos tersebut telah menyisihkan 745 proposal yang diusulkan Undip ke Ditjen Dikti. Dan sekarang ini, masuk dalam tahap monitoring evaluasi untuk dinilai lagi mana yang layak maju ke ajang pekan ilmiah mahasiswa nasional (Pimnas) 2012.

’’Sekarang ini dari pihak universitas akan menginformasikan ke masing-masing fakultas untuk menjadwalkan monitoring dan evaluasi internal, sebelum hal itu dilakukan oleh Dikti. Berdasarkan jadwal, penilaian oleh Dikti akan dilakukan hingga bulan Mei,’’ jelasnya.

Kucuran dana penelitian bagi PKM Undip ini juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2011 terdata hanya 95 proposal yang lolos, sedangkan 2010 sebanyak 67 proposal. ’’Peningkatan jumlah proposal yang lolos tahun 2012 ini naik pesat, bahkan mencapai 100% lebih. Setiap judul proposal dikerjakan oleh 3 hingga 5 mahasiswa dari tiap fakultas,’’ tutur Satoto.

Salah satu proposal lolos dan berhak mendapat dana dari Ditjen Dikti adalah penelitian yang dilakukan lima mahasiswa dari Fakultas Kedokteran. Judul proposal yang masuk dalam bidang PKM penelitian itu adalah ’’Pengaruh Pemberian Yoghurt Kacang Merah Terhadap Profil Lipid Serum dan Jumlah Coliform serta Lactobacilli Feses pada Tikus Dislipidemia’’. Anggota Tim Penelitian, Raras Rachmandiar menjelaskan, pada proposal ini mencoba meneliti khasiat kacang merah untuk penurun kolesterol, sekaligus jika ditambahkan yoghurt dapat bermanfaat menurunkan kadar LDL dalam darah dan membantu pencernaan. Seleksi proposal telah disesuaikan dengan buku panduan dari Dikti, yang meliputi aturan penulisan, serta isi penelitian yang merupakan ide baru dan bisa diterima oleh masyarakat. (K3-61)

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Kemahasiswaan.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar