Skip to content


Kegiatan Desember 2011

Beberapa kegiatan di bulan Desember 2011 ini belum sempat saya tuliskan satu per satu dalam blog ini. Disela aktifitias  yang masih banyak ini, saya sempatkan untuk segera menuliskan agar tidak lupa, agar tidak menguap beritanya. Inilah beberapa kegiatan di bulan Desember 2011.

1. Survey Energi Primer ( 11-13 Desember 2011 )

Mendapat tugas kantor untuk membantu Bapak Ir. Bambang Winardi yang akan mengadakan survey energi primer (SEP) ke PLN Wilayah KALSELTENG. Saya masih ingat betul, saya menolak untuk diberangkatkan ke Kalimantan pada akhir Nopember. Namun akhirnya, saya terima tugas ini. Berangkat dari Bandara Ahmad Yani, Minggu 11 Des 2011 Jam  14.30 WIB, naik pesawat Sriwijaya menuju Bandara M.Noor di Banjarmasin, sesampainya di sana Jam 16.30 WIT ( satu jam lebih cepat ). Jadi teringat kejadian pada tahun 2008 saat mengikuti OPPEK mewakili UNDIP, dan ditinggal pesawat Mandala. Sekarang saya datang lagi ke Banjamasin ( ini untuk yang kedua saya ke Banjarmasin ). Dijemput oleh pak Gin dan diantar ke Guest house RIYADH ( wah jadi ingat Riyadh yg ada di Makah ). Malam itu begitu lelah, jadi usai menyantap soto, langsung tidur lelap.

Paginya, Senin 12 Desember 2011, saya dan Bapak Ir. Bambang Winardi langsung menuju kantor wilayah KalSelTeng. Hal yang tak terduga adalah saat akan memasuki Lift untuk menuju lantai 3, bertemu dengan mas Joko Pitoyo, alumni Teknik Elektro UNDIP yang bekerja di sini. Beberapa menit, kami berbincang dengan mas Joko Pitoyo ini. Selanjutnya bertemu dengan sekretaris Niaga, mba Dara dan diantarkan langsung ketemu Manajer Pembangkitan pak Budi K didampingi pak Wahyu. Beberapa informasi tentang pembangkitan didapatkan melalui wawancara yang segar dan penuh  keramahan dari pak Budi dan pak Wahyu. Selanjutnya hari itu, kami diantar pak Wahyu menuju ke AP2B untuk memperoleh data-data penyaluran. Beruntung sekali pak Wahyu ini memiliki kemampuan komunikasi yang baik, sehingga keperluan data-data bisa segera diperoleh dan disediakan oleh AP2B melalui ibu Shelly dengan cepat.

Pengumpulan data-data akan dilakukan hari berikutnya yaitu ke PLTD Barito. Di sini bertemu dengan pak Gunawan yang baik dan ramah. Meski lama tinggal di Kalimantan, tapi logat jawa Surakartanya masih sangat kental, sehingga masih terasa bahasa unggah ungguh dan sopan budi bahasanya.

Senang sekali bisa mendampingi pak Bambang untuk collecting data di PLN wilayah Kalselteng ini. Selasa, 13 Desember 2011 jam 16.00 WIT kami kembali ke Semarang menggunakan Sriwijaya dan mendarat di Bandara Ahmad Yani. Sesampai di tempat pengambilan barang, kami sempat bertemu dengan bu Eko Wahyuni (Dekan FT sebelum pak Bambang Pudjianto) dengan pak Nuroji. Ternyata beliau juga dari Banjarmasin, cuma beda jalur. Saya pakai jalur Banjarmasin-Semarang, sedang ibu jalarnya Banjarmasin-Jakarta-Semarang (wah jadi lebih jauh dong….).

Oh ya, intermezzo, ada yang lupa, sebelum kami pulang ke Semarang, kami sempatkan ke Martapura dulu untuk membeli oleh-oleh buat teman-teman kantor dan yang di rumah, apalagi kalau bukan makanan khas banjar yaitu AMPLANG. ( tapi aku belum terbiasa, makan amplang, spt apa sih rasanya ? mua ngerasain..? coba saja …!! )

2. Mengantar Liburan Sekolah Anak-anak (18-19 Desember 2011)

Liburan kali ini, anak-anak minta pulang kampung. Jadilah Minggu 18 Desember 2011, saya mengantar anak-anak dan istri berlibur ke rumah orang tua di kampung halaman, di lereng Gunung Selamet, tepatnya di Kecamatan Lebaksiu. Suasananya dingin ( terutama kalau musim hujan seperti ini ). Ehm senangnya menikmati liburan bersama anak-anak. Tapi karena tugas kantor belum libur, jadilah anak-anak ditinggal di kampung halaman, sementara saya kembali ke Semarang pada hari Senin 19 Desember 2011.

3. Bertemu Prof Iwa Garniwa dan Prof Dayu di UC Jogja. ( 20-21 Des )

Masih terasa bekas-bekas perjalanan Tegal Semarang, dengan badan terasa pegel, pagi ini Selasa 20 Des 2011 saya berangkat ke Jogja menuju UC Hotel untuk keperluan pembahasan hasil Survey Energi Primer dan bertemu dengan Prof. Iwa Garniwa, Prof. Rudi K (UI),  bertemu dengan Prof. Dayu dari UNUD, Pak Sudirman dari ITS, pak Sasongko, pak Tumiran, pak Sarjiya dari UGM. Acaranya pembahasan hasil survey energi primer dan analisa Heat Rate. Ketemu dosen-dosen muda dari UI, ITS, ITB yang lancar diskusi tentang kendala-kendala sistem pembangkitan, membuat saya senang mendapatkan ilmu baru. Mereka masih muda, tapi lancar membahas masalah-masalah sekitar pembangkitan listrik dengan sumber energi primer. Hmm..good..good….

Masih ada dua kegiatan lagi yaitu :

1. Mendampingi kegiatan Survey Mahasiswa KKN Temanggung, 22 Des 2011

2. Menjadi pembicara pada acara Seminar di POLINES 28 Des 2011.

Saya tulis dalam judul yang baru saja yahhh  (^_^)

 

Abdul SYAKUR

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar