Skip to content


Kisi-kisi soal Ujian KKN Tim I UNDIP

Diantara sekian pertanyaan yang diajukan oleh para mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan KKN Tim I yaitu mengenai kisi-kisi soal ujian KKN. Apakah ini aneh atau salah ? Sepertinya tidak juga, karena sudah menjadi naluri setiap peserta didik ingin tahu kisi-kisi soal ujian, ujian apapun itu, termasuk ujian nasional. Demikian juga para mahasiswa ini. Kalau hanya sebatas kisi-kisi, tentu tidak masalah. Tapi kalau yang ditanyakan, soal yang keluar besok saat ujian akhir (post test), wah gawat juga ni mahasiswa. Tidak mau mikir, hanya mau mencocokkan antara bocoran soal dengan soal ujian sebenarnya, dan jawabannya sudah dikerjakan lebih dulu.

Saya informasikan dan sekaligus materinya saya lampirkan di sini untuk kuliah pembekalan KKN hari Sabtu, 17 Desember 2011.

1.  Profil Alumni UNDIP : COMPLETE (silahkan download di sini )

2.  Penulisan Reportase (silahkan download di sini )

3.  Penulisan PKM GT dan AI (silahkan download di sini ), sedangkan format cover dan halaman pengesahan bisa dilihat disini (Minarik BAK Undip)

4.  Post test

5.  Bimbingan DPL

Untuk keperluan administrasi mahasiswa peserta KKN, saya lampirkan dokumen mahasiswa yang berisi form-form untuk diisi, baik itu form sistem pelaporan, format surat menyurat, form ijin meninggalkan KKN dan kartu kontrol, semua file sudah saya kompressi.

Untuk kisi-kisi soal post test, saya belum pernah melihat soalnya. Namun, hanya kira-kira saja seperti ini : semua soal ujian, jawabannya sudah ada dalam buku panduan KKN, seperti tujuan dan maksud KKN, misi dan visi, jenis KKN meliputi apa saja, tugas mahasiswa selama KKN, tugas DPL, tugas Kordinator DPL, nama lembaga penyelenggara KKN, scheme apa saja yang ada dalam KKN dan lain-lain.

Juga, bisa jadi soal itu sudah diurutkan seperti jawaban yang ada dalam buku panduan KKN tersebut, mulai dari awal hingga akhir. Ada kemungkinan soal post juga diambil dari materi-materi yang sudah diberikan selama mahasiswa mengikuti pembekalan, seperti materi Soft Skill, Penulisan Reportase, Penulisan PKM, Tujuan dan Filosofi KKN, Tematik 1,2 dan 3.

Dari semua kisi-kisi yang saya uraikan tersebut, <mungkin> kata kuncinya bisa jadi soal post test itu sama dengan soal pre test. So…., apakah waktu pre test masih ingat soal-soal yang diujikan ? Coba ingat kembali. Logikanya, pada waktu pre test, mahasiswa belum tahu, karena materi belum disampaikan, sehingga nilainya bisa jadi rendah. Tapi setelah mengikuti pembekalan selama 3 kali tatap muka ( 10, 11, 17 Desember 2011), diharapkan mahasiswa sudah memiliki pengetahuna yang lebih baik.

Semoga sukses mulai dari persiapan hingga selesainya KKN.

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar