Skip to content


Pembekalan KKN UNDIP TIM I

Pembekalan bagi mahasiswa UNDIP yang akan melaksanakan KKN Periode I dimulai hari ini, Sabtu 10 Desember 2011.  Kegiatan pembekalan KKN ini merupakan bagian dari tahap-tahap persiapan yang harus diikuti oleh mahasiswa sebelum diterjunkan ke lokasi KKN.
Materi hari ini meliputi : Tata Tertib KKN dan Pelaporan, Pengenalan Wilayah dan Potensi Lokal serta Pengorganisasian KKN.

Ada 4 lokasi KKN UNDIP yang telah ditetapkan meliputi :
1. Kabupaten Semarang,
2. Kabupaten Jepara,
3. Kabupaten Kudus dan
4. Kabupaten Temanggung.

Untuk Kabupaten Temanggung ada 5 Kecamatan yaitu : Kandangan, Kaloran, Kledung, Tlogomulyo dan Selopampang.
Pengenalan wilayah dan potensi lokal masing-masing kecamatan disampaikan oleh Camat atau Sekretaris Camat. Untuk Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung, (data-data potensi lokal dan wilayah) telah disampaikan oleh Sekretaris Camat Tlogomulyo, Bapak Seri Suharsa, SH. Dengan gaya bahasa yang lugas, sesekali disertai canda, Bapak Seri ini berusaha menjelaskan data-data potensi lokal 12 desa yang ada di Kecamatan Tlogomulyo disertai dengan potensi dan harapan-harapan dari para kepala desa, dengan adanya program KKN UNDIP di Tlogomulyo.
Pada sesi berikutnya, terpilih sebagai Korcam KKN Kec. Tlogomulyo adalah sdr. Fikri dari Jurusan Teknik Sipil dan Wakil Korcam sdr. Darma dari FISIP. Sekretaris dan Bendahara masing-masing dari Teknik Geologi dan Teknik Industri. Bidang-bidang yang ada di Kecamatan meliputi PF: Prasarana Fisik, PP : Peningkatan Produksi, SB: Sosial Budaya dan KM: Kesehatan Masyarakat.
Pemilihan Kordes beserta perangkatnya menyusul, setelah pembagian mahasiswa pada masing-masing desa yang berjumlah 12 Desa.
Jadwal pembekalan materi KKN berikutnya akan dilaksanakan Minggu, 11 Desember dan 17 Desember 2011. Selamat kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung. Jangan lupa, membuat LRK ( Laporan Rencana Kegiatan ) dan LPK ( Laporan Pelaksanaan Kegiatan ).

Ingat waktu hanya 35 hari, atau 5 minggu. Minggu I : Sosialisasi, Minggu II, III, IV Efektif pelaksanaan kegiatan KKN dan Minggu V pembuatan Laporan KKN, persiapan Expo dan kunjungan pimpinan Universitas.
Untuk pembekalan hari kedua, Minggu 11 Desember 2011, akan disampaikan materi-materi sebagai berikut :
1.  Filosofi KKN dan Tujuan KKN ( download hanya tersedia 30 hari )
2.  PRA (Participatory Rural Appraisal) ( download hanya tersedia 30 hari )
3.  Softskill ( download hanya tersedia 30 hari )
4.  Tematik 1 : Kesehatan ( download hanya tersedia 30 hari )
5.  Tematik 2 : UKM ( download hanya tersedia 30 hari )
6.  Tematik 3 : Potensi Lokal ( download hanya tersedia 30 hari )

Bagi mahasiswa yang kurang jelas, mengenai informasi KKN di Kecamatan Tlogomulyo Kabupaten Temanggung, bisa menghubungi DPL ibu dr. Siswi Jayanti, M.Sc. Beliau ramah dan baik hati.
Tlogomulyo !!! Kami Datang….
 
 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.


One Response

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.

  1. Yusna says

    Mohon maaf saya ingin menanyakan apakah kkn bisa berdasarkan studi dari mahasiswa sendiri? Misal berdasarkan riset mahasiswa tersebut, ada lokasi yang diluar jangkauan universitas yang benar-benar membutuhkan perhatian, nah apakah mahasiswa tersebut dapat mengajukan kkn disana? Jika bisa apa persyaratannya? Terima kasih.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar