Skip to content


PKM 2011

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2011 telah dilaksanakan bulan Juli di UNHAS Makassar, Sulawesi Selatan. UNDIP sebagai universitas terkemuka di Jawa Tengah tidak masuk dalam 10 besar perguruan tinggi dalam urutan juara PIMNAS. Maka untuk mempersiapkan PIMNAS 2012, kegiatan sosialisasi PKM 2011 telah dilaksanakan untuk para dosen di masing-masing Fakultas mulai tanggal 6 September s.d 14 September 2011, dan juga untuk para mahasiswa pada tanggal 19 September 2011 di Gedung Prof  Soedarto, SH.

Dengan semangat  “Bangkit Lagi dari Kegagalan, Hingga Meraih Keberhasilan” sudah semestinya segenap sivitas akademika UNDIP bersama-sama menyiapkan proposal PKM yang lebih berkualitas khususnya kreativitas para mahasiswa dengan pendampingan dari para dosen.

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro telah menyelenggarakan acara Sosialisasi PKM untuk mahasiswa baru 2011 pada hari Jumat 23 September 2011 di gedung B 305 – 306. Materi meliputi jenis-jenis PKM 2011, peluang dan tips menembus PIMNAS, mencari ide/gagasan awal serta menumbuhkan budaya ilmiah dalam meneliti menjadi fokus dalam kegiatan sosialisasi ini bagi mahasiswa baru. Pembicara pada acara ini dari mahasiswa UNDIP peserta PIMNAS 2010 yang mendapatkan Juara I dari Teknik Kimia, dan pembicara terakhir Abdul Syakur, ST. MT. mengenalkan jenis-jenis PKM 2011.

1. PKM-P (Penelitian)

2. PKM-T (Teknologi)

3. PKM-KC (Karsa Cipta)

4. PKM-K ( Kewirausahaan)

5. PKM-M (Pengabdian Masyarakat)

6. PKM KT (Karya Tulis) yaitu GT (Gagasan Tertulis) dan AI (Artikel Ilmiah)

Semua PKM bermuara di PIMNAS kecuali PKM-AI.

BEM UNDIP melalui Bidang Research and Bussines menyelenggarakan kegiatan sosialisasi PKM dengan tema All about PKM n PIMNAS, pada hari Minggu 25 September 2011 di gedung Program Studi Ilmu Keperawatan, Fakultas Kedokteran. Pesertanya beragam dari berbagai fakultas. Target dari kegiatan ini adalah untuk memantapkan draft proposal PKM yang akan diajukan pada PKM 2011 ini. Pembicara pertama adalah Dr. Ir. Bambang Sulis pembantu Dekan III Fakultas Peternakan. Pembicara kedua adalah Abdul Syakur, ST. MT. staf ahli Pembantu Rektor III.

Draft proposal PKM 2011 untuk mahasiswa UNDIP harus sudah diserahkan ke bagian MINARIK UNDIP tanggal 26 September untuk selanjutnya akan dilakukan review oleh Tim Reviewer Universitas yang terdiri dari 20 orang reviewer. Para reviewer ini akan mendapatkan pembekalan pada tanggal 30 September 2011 oleh Riviewer PKM tingkat nasional Ibu dr. Oni Setiani, Ph.D. Selanjutnya para reviewer ini akan mereview draft proposal PKM dari masing-masing bidang sesuai dengan fakultas masing-masing.

Sementara itu, Program Studi Teknik Geologi akan mengadakan workshop dan sosialisasi PKM GT dan PKM AI pada hari Sabtu Minggu, 1-2 oktober 2011. Kegiatan ini sebagai persiapan mahasiswa dalam membuat proposal PKM GT dan PKM AI. Diharapkan melalui kegiatan ini, para mahasiswa memiliki gagasan-gagasan terbaru serta terobosan dalam rangka peran sertanya memberikan alternatif solusi terhadap masalah-masalah Nasional.

Semoga kegiatan dalam rangka memperoleh kualitas yang lebih baik ini, dapat terwujud dan bisa mengantarkan mahasiswa UNDIP memperoleh juara dalam PIMNAS 2012 di UMY Yogyakarta.

Cita-cita besar harus diikuti dengan usaha besar…

Info PKM UNDIP bisa didapatkan secara lengkap di sini.

 

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar