Skip to content


Tips Membuat Makalah

abdul SYAKUR
by : abdul SYAKUR
Jogja, 22 Desember 2010
Didedikasikan untuk ibuku, Ma’rifah Allahu Yarham.

Teman, pernahkah anda mengalami kesulitan bagaimana memulai untuk membuat suatu makalah atau paper ? Bagi para peneliti, membuat makalah tentunya bukanlah hal yang sulit, karena membuat makalah adalah bagian yang sudah menyatu dengan kegiatan riset di laboratorium atau riset di lapangan.

Biasanya, yang mengalami kesulitan dalam membuat makalah adalah teman kita yang sedang kuliah, atau sebut saja mahasiswa. Namun, membuat makalah juga kini sudah diberlakukan untuk para siswa SMA. Tentunya jenis makalah yang dimaksudkan berbeda-beda, antara makalah bagian dari tugas pelajaran, tugas kuliah dengan makalah yang berisi laporan hasil riset.

Langsung saja ya, bagi mahasiswa (S1, S2, S3 ) yang sedang riset, semoga panduan membuat makalah ini bermanfaat.

Langkah-langkah membuat makalah/paper hasil riset yang akan dipublikasikan pada suatu forum seminar atau konferensi.

A. Bagian Awal
1. Judul
2. Nama penulis
3. Alamat instansi/lembaga lengkap dengan kode pos
4. Alamat email penulis untuk korespondensi

B. Bagian Isi
1. Abstrak
Memuat tiga hal penting dalam abstrak yaitu :
a. masalahnya apa ?
b. metode atau cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalahnya bagaimana ?
c. hasil dari metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah

Catatan :
* Seseorang cukup dengan membaca abstrak, sudah tahu kira-kira isi makalah lengkapnya apa.
* kata kunci merupakan kata yang berfungsi untuk langsung menunjuk pada makalah jika dilakukan pencarian pada mesin pencari misalnya google. Jika anda tuliskan kata kunci petir pada makalah, maka jika di mesin pencari, anda tuliskan kata petir, diharapkan makalah anda segera bisa ditemukan.

2. Pendahuluan
a. memuat latar belakang dan kondisi saat ini
b. mengapa saat ini digunakan,
c. apa kelebihannya, tapi apa juga kelemahannya, berdasarkan hasil para peneliti sebelumnya
d. dengan alasan tersebut, sehingga perlu dilakukan penelitian ini.
e. paragraf terakhir, memuat informasi perlunya dilakukan penelitian ini dan tujuannya untuk apa.

3. Landasan Teori * ( *Bersifat Tentatif )
Memuat dasar-dasar teori dari :
a. Masalah yang akan diteliti
b. Metode/cara yang akan digunakan untuk menyelesaikan
c. Software atau program bantu yang akan digunakan

4. Cara Penelitian
Memuat langkah-langkah yang dilakukan selama penelitian meliputi :
a. Bahan dan peralatan yang digunakan
b. Software atau program bantu yang digunakan
c. Data studi kasus yang digunakan
d. Rangkaian pengujian atau pengukuran
e. Prosedur atau langkah-langkah pengujian atau pengukuran

5. Hasil dan Pembahasan
Berisi hasil-hasil pengujian atau pengukuran.
a. Ada parameter input dan output
b. Apa hubungan parameter input dan output yang diperoleh melalui pengujian atau pengukuran tersebut ?

c. hubungan antara satu parameter input bisa terhadap beberapa parameter output, dibuat kedalam tabel.
d. untuk memudahkan melakukan pembahasan, parameter dalam bentuk tabel dibuat kedalam bentuk grafik.
e. pembahasan sebab akibat didasarkan pada grafik yang diperoleh.
f. melalui grafik bisa diperoleh hubungan parameter sebab akibat, misalnya persamaan y = 0.5x^1.3 dan ini bisa dijadikan rujukan dalam pembahasan.

6. Kesimpulan
a. memuat pernyataan hubungan antara parameter input dan output
berdasarkan point 5.d.
b. memuat pernyataan sebab akibat berdasarkan point 5.e.

C. Bagian Akhir
1. Ucapan terima kasih
Ini bersifat tentatif, bisa dicantumkan terutama pada riset yang dibiayai melalui lembaga atau suatu hibah/grant.

2. Daftar Pustaka
Hanya pustaka yang dirujuk dalam pendahuluan, landasan teori, cara penelitian yang dicantumkan dalam daftar pustaka ini. Untuk penulisan daftar pustaka harus mengikuti ketentuan yang berlaku.

3. Biografi penulis
Untuk makalah seminar atau konferensi, biasanya biografi penulis ini jarang dituliskan. Namun untuk penulisan dan Jurnal atau Majalah, biasanya biografi semua penulis dicantumkan dan dilengkapi dengan foto. Data yang ada dalam biografi penulis adalah : jabatan sekarang, riwayat pendidikan, peminatan pada bidang riset yang dilakukan, serta alamat korespondensi *(tentatif).

Semoga panduan singkat ini bisa membuat anda terbantukan, untuk segera menuliskan hasil riset anda yang akan segera dipublikasikan melalui seminar maupun konferensi baik Nasional maupun Internasional.

Selamat mencoba, lakukan sekarang.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.

*



Skip to toolbar