Skip to content


Tower Widya Puraya

Tulisan ini telah dimulai ditulis, saat tower di belakang gedung Widya Puraya masih dalam proses dibangun.

Sebentar lagi akan berdiri menara ( saya belum tahu persis, ini BTS atau menara apa nantinya ) tepat di belakang gedung Widya Puraya.

IKON UNDIP

Selama ini Gedung Widya Puraya cukup mewakili sebagai ikon UNDIP. Gedung Widya Puraya merupakan gedung paling tinggi dan paling besar, digunakan sebagai Perpustakaan. Memiliki filosofi, UNDIP sebagai universitas riset yang menempatkan perpustakaan ( sumber ilmu ) sebagai tempat yang megah dan paling tinggi, sehingga gedung rektorat pun (mengalah) lebih rendah dari gedung Widya Puraya. Ilmu harus lah lebih dikedepankan, lebih diutamakan dan lebih menjadi prioritas utama daripada jabatan dan para penguasa.

Namun, dengan berdirinya tower di belakang gedung Widya Puraya ini, ( yang kemudian saat ini, tampak sebagai sebuah BTS ), tentu akan mengurangi keindahan dan kemegahan gedung Widya Puraya ini. Secara estetika, menjadi tidak seimbang, menjadi timpang, karena ada struktur tinggi di satu sisi saja.

Tulisan ini bukan untuk membahas sisi estetika dan ikon UNDIP yang baru ini. Tapi lebih pada resiko yang mungkin muncul, dengan adanya tower BTS di belakang gedung WP ( singkatan untuk Widya Puraya ).

Resiko Sambaran Petir

Pada tahun 2005, telah dilakukan penelitian bahwa gedung WP ini merupakan gedung tertinggi di kawasan bukit dimana kampus UNDIP dibangun, memiliki resiko tinggi terhadap sambaran petir secara langsung. Dengan berdirinya tower BTS di belakang gedung WP, ini resiko terkena sambaran petir secara langsung berkurang. Namun, perlu diketahui pula, dengan adanya struktur yang menjulang tinggi, akan meningkatkan angka sambaran petir ke bumi. Frekuensi sambaran petir ke daerah sekitar gedung WP akan meningkat. Bahaya sambaran petir langsung pada gedung WP berkurang, namun sambaran induksi petir akan meningkat.

Maka diperlukan proteksi yang menyeluruh, baik proteksi eksternal maupun internal, agar BTS, gedung Widaya Puraya dan peralatan-peralatan listrik serta piranti-piranti elektronik yang beroperasi di sekitar BTS, aman terhadap bahaya sambaran langsung dan sambaran tidak langsung.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar