Skip to content


Petir sebabkan Listrik Padam

Meskipun tidak selalu, tapi pengalaman menunjukkan beberapa kali, kalau ada petir, berikutnya tidak perlu waktu lama, diikuti dengan padamnya jaringan listrik. Apa sebenarnya yang terjadi ? Apakah pemadaman jaringan listrik ini untuk mengantisipasi terkena sambaran petir ? atau jaringan listrik mati karena terkena sambaran petir.

Sebab-sebab dan alasan ini secara teknis ekonomis bisa dikaji.

1. Jika listrik padam untuk mengantisipasi terkena sambaran petir, tentu dimaksudkan untuk mengamankan peralatan-peralatan listrik yang ada di sepanjang jaringan listrik. Bisa saja secara teknis, keamanan peralatan listrik seperti trafo bisa terlindungi, tapi dari sisi ekonomis tentu penjualan listrik terhenti, dan ini merugikan penyedia listrik. Sementara di jaringan listrik, secara teknis juga sudah dilengkapi dengan beberapa macam peralatan proteksi, agar perlatana di jaringan listrik tidak mengalami kerusakan.

2. Jika listrik padam karena sambaran petir, tentu karena secara teknis peralatan proteksi bekerja pada saat ada tegangan lebih mengalir pada jaringan listrik yang akan merusak trafo. Pada saat peralatan proteksi [ Circit Breaker, Arreseter ] ini bekerja, ada saat dimana listrik mengalami pemadaman. Lama dan singkatnya padam listrik ini terganting dari unjuk kerja dari peralatan proteksi tersebut.

Berdasarkan beritan yang dimuat Kompas, disebutkan bahwa Listrik padam disebabkan karena adanya petir. Namun apakah secara khusus, karena terkena petir atau tidak masih diselidiki.

Berita selengkapnya saya cantumkan sebagai berikut :

Petir Bergemuruh, Listrik Seluruh Batam Padam

Selasa, 13 April 2010 | 21:08 WIB

BATAM, KOMPAS.com – Aliran listrik di seluruh Kota Batam mati sejak sekitar pukul 19.30 WIB, hingga berita ini diturunkan. Humas PT Pelayanan Listrik Nasional (PLN) Batam, Wina, mengatakan, teknisi anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero masih mneyelidiki penyebabnya. “Kami masih mencari tahu penyebabnya,” kata Wina.

Namun, kemungkinan terbesar karena salah satu instalasi listrik tersambar petir yang sejak pukul 18.00 WIB bergemuruh di Kota Batam. Wina masih belum dapat memastikan waktu pemadaman listrik. “Tim berupaya semaksimal mungkin agar listrik dapat segera pulih,” kata dia.

Sementara itu, Kota Batam gelap gulita akibat listrik mati total. Warga menyesalkan mati lampu yang terjadi tiba-tiba. “Saya sedang memasak nasi menggunakan listrik sewaktu mati lampu,” kata Emi. Ia berharap, listrik segera menyala.

Petir Akibatkan Batam Padam Listrik

Rabu, 1 Juli 2009 11:58 WIBBatam (ANTARA News) – Akibat line transmitter antara Panaran dan Sagulung terkena petir, pada hari Rabu seluruh aliran listrik di Kota Batam padam.

“Saat ini terjadi black out karena line transmitter kena petir,” kata Humas PT Pelayanan Listrik Nasional Yeti Mulyani di Batam, Rabu.

Aliran listrik mati di seluruh kota Batam sejak sekitar pukul 9.00 WIB dan hingga berita ini diturunkan masih padam. Saat ini tim PLN Batam masih memperbaiki line transmiter yang terkena sambaran petir.

“Kami masih belum tahu listrik mati sampai jam berapa, meski pihak PLN terus berupaya agar aliran listrik segera normal.”

Ia mengatakan, akibat listrik padam, lampu lalu lintas di beberapa persimpangan kota juga mati. Sedangkan untuk lampu lalu lintas di beberapa perempatan padat seperti Simpang Jam tetap menyala karena menggunakan genset. (*)

Catatan :

Mungkin masih banyak berita yang dilaporkan terkait dengan sambaran petir pada jaringan listrik dan mengakibatkan listrik padam. Berdasarkan kejadian-kejadian tersebut, maka sudah semestinya pihak pengelola jaringan listrik harus lebih memperhatikan, agar kontinuitas penyaluran energi listrik ini bisa dipertahankan.

Beberapa cara dan metode dapat diaplikasikan untuk mengatasi masalah ini, baik dengan cara memasang peralatan proteksi seperti Circuit Breaker (CB), Lightning Arrester (LA), Relay untuk proteksi dari macam-macam gangguan.

Bali, 27 May 2010

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar