Skip to content


Air Laut Siap Minum

Setelah sekian lama tidak bejumpa dengan guru saya, Pak T. Haryono, hari ini Rabu saat saya mengunjungi Lab Tegangan Tinggi Teknik Elektro UGM, wajah ramah itu sudah ada di sana.

Masih setia dengan Leptop dan laporan akhir desertasi yang tentunya sebentar lagi akan segera berakhir. Dan kandidat doktor itu akan mengakhiri studinya. Saya perhatikan, sesaat tadi beliau Pak T Haryono akan segera mengoperasikan jari-jari di keyboard Laptop. Begitu saya sapa, senyumnya langsung mengembang dan menyapaku.

Lama tidak berjumpa, kemana saja gerangan ? tanya beliau. Acaranya kemisan pak [maksudnya setiap hari Kamis, saya ikut test TOEFL di PPB UGM, karena sampai dengan kesekian kali test TOEFL belum sampai 500 hingga rencana maju KOMPRE masih tertunda]. Selain saya isi dengan program Kemisan, saya sibuk mengumpulkan dan memilih makalah/paper yang sesuai dengan rencana riset.

Dari sekian diskusi panjang dengan pak T. Haryono dipagi ini, ada dua hal yang menarik ingin saya berbagi dengan pembaca blog saya.

1. Bagaimana mengukur ouput tegangan tinggi frekuensi tinggi ? padahal alat yang tersedia prob tegangan tinggi AC/DC 50 Hz. Atau alat yang tersedia hanya Osiloskop 50 Hz. Usul dari Pak T [begitu beliau biasa disebut], bagaimana kalau menggunakan devider tegangan ? alatnya bikin sendiri dan diuji menggunakan generator frekuensi untuk mengetahui frekuensi input dan frekuensi output. [ Boleh juga, coba yuuukkk ]

2. Saya bilang kalau beberapa mahasiswa saya sudah berhasil membuat pembangkit tegangan tinggi AC, DC dan Impuls. Ada yang menggunakan trafo Tesla, ada juga yang menggunakan trafo Flayback. Tegangan output dimanfaatkan untuk menghasilkan korona dan plasma. Selanjutnya korona dan plasma ini digunakan untuk water treatment, pengolahan limbah cair industri. Yang menarik, usul dari Pak T, bagaimana kalau alat ini dicoba untuk mengolah air laut menjadi air siap minum bermineral dan tentunya yang segar, dan residunya dihasilkan garam ? waaaahhh ide yang bagus juga.

Hayo..siapa mau merealisasikan gagasan-gagasan ini ? Siapa tahu anda sekalian yang tercerahkan dan tergerak untuk lebih dahulu memulai. Kalau tidak sekarang, terus kapan lagi ? kalau tidak Anda yang memulai, orang lain akan lebih dulu mengawalinya.

Segera…., Ayo Bisa. !!!

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar