Skip to content


PERHITUNGAN KEBUTUHAN PERLINDUNGAN PERALATAN KOMPUTER AKIBAT SAMBARAN PETIR

STUDI KASUS GEDUNG WIDYA PURAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG.
Oleh:
Yopie Mafudin, Juningtyastuti, Abdul Syakur

Sambaran Petir bisa menyebabkan kerusakan yang cukup besar pada gedung beserta peralatan di dalamnya. Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hari guruh terbanyak di dunia. Karenanya kebutuhan pengaman gedung beserta peralatan di dalamnya terutama peralatan komputer yang bekerja dalam range milivolt dari efek dari sambaran petir yang bekerja dalam range kilovolt sangatlah penting seiring semakin banyaknya pembangunan gedung tinggi sekarang ini.
Mengingat pentingnya pengamanan gedung beserta peralatan di dalamnya dari sambaran petir, maka Sistem Proteksi Petir (SPP) sekarang telah banyak digunakan. Namun penerapan SPP tersebut belum diterapkan secara lengkap di mana sistem tersebut hanya melindungi gedung saja dari akibat sambaran petir dan tidak termasuk perlindungan peralatan di dalamnya. Besarnya kebutuhan suatu gedung untuk memasang SPP ditentukan oleh besarnya resiko bahaya yang timbul akibat sambaran petir. Dari nilai resiko tersebut maka dapat ditentukan pula besar tegangan induksi maksimal yang terjadi pada peralatan akibat pemasangan SPP, jarak aman antara instalasi terhadap SPP serta kebutuhan pengaman tambahan untuk melidungi peralatan di dalamnya.
Perhitungan dilakukan dengan bantuan program Visual Basic. Dari hasil analisa perhitungan, dapat ditentukan nilai resiko gedung tersebut terhadap sambaran petir, tegangan induksi maksimal yang terjadi pada peralatan, jarak aman antara instalasi terhadap SPP serta kebutuhan pengaman tambahan yang sesuai untuk peralatan berdasarkan hasil analisa menggunakan program Electromagnetic Transients Program (EMTP).

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Makalah.

Tagged with , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar