Skip to content


Petir bulan Nopember

[Artikel ini ditulis pada hari Jumat, 13 Nopember 2009, Jam 15.30 WIB, saat ada kejadian yang sangat luar biasa yaitu hujan sangat lebat disertai kilat, petir, guntur dan guruh yang menggelegar. Ditulis di Kampus UNDIP Tembalang.]

Sungguh Luar Biasa, barangkali kata ini yang tepat untuk menggambarkan apa yang terjadi sore ini, Jumat 13 Nopember 2009 jam 15.30. Hujan deras lebih tepat lagi sangat lebat ( sangat luar biasa…kira-kira berapa juta liter air yang ditumpahkan dari langit ke bumi ? berjuta-juta kubik kah ? mungkin saja… ). Sungguh tak dapat dibayangkan, jika air berjuta-juta kubik ini jatuh begitu saja, bukan dalam bentuk butir-butir air hujan dan rintik-rintik, tentu bagai Tsunami bahkan lebih dahsyat lagi. Seluruh yang ada dipermukaan bumi ( utamanya di Semarang ) akan segera rata dengan tanah, bersih tak tersisa. Sungguh Luar biasa yang mengatur ini semua.

Saat ditulisnya artikel ini, saya jadi ingat kejadian setahun yang lalu, Nopember 2008, sepertinya kejadian ini adalah pengulangan saja. Hujan yang sangat deras disertai dengan kilat dan petir bersahut-sahutan. Kita akan tunggu, apa yang akan kita lihat besok hari sabtu kemudian.

Sementara air tercurah dari langit dalam jumlah yang sangat banyak, bersamaan dengan itu, terjadi kilat dan petir bersabung seolah berkejaran, berlarian, susul menyusul dari sini lari ke sana dan hilang menjauh entah kemana. Terus begitu. Gelegar suara Guntur dan guruh sangat memekakan telinga. Indah nian sore ini, kejadian ini sungguh sangat indah dituliskan dalam blog ini. Namun sungguh mengerikan, bagi siapa saja yang berhadapan dengan kilat, petir dan Guntur ini.

Apa sebenarnya kilat, petir dan guntur ini ? Kilat sejatinya adalah perjalanan elektron muatan listrik yang melesat dari awan bermuatan listrik elektrostatis. Jika energi listriknya cukup untuk menjangkau dari satu awan kea wan lain, atau dari awan ke bumi, maka kilatan cahaya ini akan memulai terjadinya petir. Pada saat muatan listrik ini melesat cepat secepat kecepatan cahaya 3 x 108 m/det dan menerobos gas-gas di udara maka akan menimbulkan bunyi gesekan yang cukup keras. Bunyi gesekan hasil terobosan ini akan semakin kuat, jika muatan listrik ini menerobos butir-butir air hujan di langit. Dan bunyi ledakan petir Blaaarrrr ….!!! akan terjadi saat muatan listrik awan bertemu dengan muatan listrik bumi. Ini yang sungguh luar biasa. Atau muatan listrik awan satu dengan awan yang lain bertemu dengan muatan listrik yang berbeda.

petir-kota-jkt

Bunyi dentuman tak akan terjadi jika muatan listrik positif dan negative ini tidak bertemu. Kalau hanya kilatan cahaya dengan energy listrik tidak cukup, hanya laksana guruh yang susul menyusul yang akhirnya hilang entah kemana.

Efek buruk dari mengalirnya sejumlah besar muatan dari awan di langit ini, kira-kira Mega Coloumb dengan tegangan ribuan KiloVolt dan arus ratusan kilo ampere, menjadikan efeknya sangat dahsyat. Pohon yang tersambar petir akan terbelah bahkan sampai roboh, efeknya akan mematikan, bisa sampai gosong. Demikian juga, jika petir ini menyambar struktur tinggi seperti menara BTS, Antenna, menara transmisi SUTT, SUTET, gedung tinggi dengan system penyalur arus ( umum disebut penangkal petir, meskipun ini salah kaprah ), tentu akan mengakibatkan kerusakan pada peralatan-peralatan listriknya, bahkan jika menyambar manusia bisa menyebabkan kematian.

bts-tower

Struktur tinggi seperti inilah yang sangat mungkin disambar oleh petir. Kerusakan pada piranti elektronika akan sangat mudah terjadi, terutama jika sistem proteksi petir (SPP) yang dipasang tidak baik atau putus.

Disisi lain, tidak hanya keburukan yang menyertai terjadinya petir. Manfaat petir juga sangat banyak untuk kehidupan mahluk hidup dibumi. Karena pada saat terjadi petir, akan terjadi reaksi yang sangat dahsyat di langit. Gas-gas dan materi yang terdapat di udara akan bereaksi ketika dilalui oleh energi yang sangat besar ini, yaitu energi petir. Salah satu peristiwa yang terjadi adalah terbentuknya Ozon O3 baru hasil reaksi O2 dengan energi petir. Apalagi kalau bereaksi dengan Nitrogen ( jumlahnya mencapai 72% ) yang memungkinkan dihasilkannya asam-asam amino.

Tentang manfaat petir bisa baca di sini.

Petir itu suatu masa dimana di udara penuh dengan ion-ion yang terbentuk terutama pada waktu musim hujan ketika terjadi pembentukan ion kemudian partikel-partikel di udara sudah cukup, dia ingin melepaskan elektronnya sehingga ketika lepas ke bumi membentur gas-gas di udara seperti O2,CO2, dan N2 yang kemudian gas-gas tersebut mengeluarkan emisi atau cahaya, itu yang dinamai plasma. Atau matahari, di situ ada gas helium yang saling bertumbukan kemudian mengeluarkan emisi dalam bentuk cahaya ,panas atau radiasi. Kita ketahui matahari adalah plasma terbesar.

Tetapi petir sendiri ada manfaatnya, ketika petir terjadi atau loncatan elektron terjadi terbentuk ion-ion yang bermanfaat untuk membersihkan udara, membunuh bakteri bahkan untuk menangkap nitrogen yang bisa dicerna oleh bakteri di tanah sehingga bisa menjadi pupuk. Pupuk urea itu idenya berasal dari petir. Karena Petir itu bisa menghasilkan nitrat dan urea yang bagus sekali untuk tumbuhan. Jadi sebenarnya daerah yang banyak petir itu subur sekali tanahnya.

Petir bulan nopember, mungkin masih akan ada petir-petir berikutnya. Kita antisipasi yuk resikonya.

Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bish showab.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar