Skip to content


APLIKASI TEGANGAN TINGGI DC SEBAGAI PENGENDAP DEBU SECARA ELEKTROSTATIK

Abdul Syakur, Agung Warsito, Nurlailati
Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro
Jl. Prof. Soedarto SH Tembalang Semarang telp. Fax : 024 – 7460057

Abstrak

Salah satu kebutuhan yang sangat mendesak bagi manusia saat ini adalah teresedianya udara bersih karena udara bersih adalah mutlak untuk kesehatan. Saat ini udara bersih merupakan suatu hal yang sangat langka. Partikel-partikel polutan dari asap kendaraan bermotor dan industri , debu dan asap rokok menyebabkan polusi udara.

Dengan membuat rancangan pembangkit tegangan tinggi DC, akan dibangkitkan tegangan tinggi DC yang akan mampu mengendapkan debu secara elektrostatik. Perancangan alat pengendap debu meliputi pembuatan pembangkit tegangan tinggi searah (DC) menggunakan metoda penyearah pengali tegangan atau Walton- Cockroft pada keadaan
hubung buka / tidak berbeban, pemilihan alumunium untuk filter dan pemilihan alat – alat pendukung yaitu kover akrilik dan kipas angin DC 12 Volt beserta sumber tegangan 12 VDC.

Dalam makalah ini akan disajikan suatu metode untuk mengendapkan debu sebagai salah satu polutan dengan menggunakan medan listrik uniform.Pembersihan udara ini dilakukan dengan cara pengendapan elektrostatis dimana partikel-partikel bermuatan dipisahkan secara elektrostatis (muatan positip dan negatip saling tarik menarik) oleh medan listrik deretan pelat- pelat logam bermuatan listrik.

Makalah lengkap bisa didownload disini : Full Paper

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.

*



Skip to toolbar