Skip to content


Adakah Petir di bulan Juli ?

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) mengeluarkan peringatan waspada terhadap pertumbuhan awan jenis Cumulonimbus yang berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang yang terkadang disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat antara sore hingga malam hari.

Biasanya petir terjadi pada kondisi dan cuaca tertentu. Sesuai informasi dari BMG tersebut, maka kilat dan petir akan terjadi terutama pada musim hujan. Tersedianya awan yang cukup dan adanya pergerakan udara panas yang melewati awan tersebut, menyebabkan terbentuknya muatan elektro statis di dalam awan. Gambaran awan Cumulonimbus kurang lebih seperti ini : awan-cumulonimbus

Maka potensi terbentuknya kilat dan petir menjadi sangat besar, hampir 100% akan terjadi petir dalam kondisi dan cuaca seperti itu. Sedangkan terjadinya kilat dan petir bisa mulai siang hari, sore bahkan bisa sampai malam hari. Kilat dan petir digambar ini, terjadi pada waktu malam. Semua kejadian petir ini sangat membahayakan kehidupan manusia juga dapat merusak peralatan elektronik yang ada dalam gedung dan rumah-rumah penduduk.

Ketua Tim Penanggulangan Bencana Alam,Kabupaten Lebak, Enang Hidayat, Senin 14 April 2008, mengatakan, saat ini wilayah Kabupaten Lebak pada sore hingga malam hari sering dilanda hujan deras disertai petir karena adanya perubahan iklim bahkan siang hari suhu bisa mencapai 33 derajat celsius.

Oleh karena itu, pihaknya meminta warga agar mewaspadai bencana itu, karena tidak tertutup kemungkinan akan terjadi di beberapa kecamatan lainnya.  “Sebaiknya jika hujan deras disertai petir maka warga berada di rumah untuk menghindari bahaya sambaran petir,” katanya.

petir-kota-jkt

Petir umumnya menyambar di daerah terbuka misalnya sawah ( menyambar petani ), pantai ( menyambar nelayan ) dan lapangan golf; petir juga bisa menyambar orang dan alat yang ada di dalam rumah dan gedung.

Rumah-rumah yang berpotensi terkena sambaran petir adalah rumah yang memasang antenna TV atau antenna Radio. Lebih berbahaya lagi, jika antenna TV atau antenna Radio tersebut tidak dihubungkan dengan sistem pengetanahan yang baik, dan ini jarang dilakukan terutama bagi para pengguna TV dengan antena di luar rumah.

Tidak ada awan Cumulonimbus, tidak ada petir, kira-kira begitu ungkapan yang pas. Pada bulan Juli 2009 ini apakah ada tanda-tanda bahwa awan Cumulonimbus ini akan terbentuk ? Cobalah lihat ke Langit biru, adakah awan berarak yang menggumpal dan terus bretambah hingga sampai gelap ? Meskipun ini sudah memasuki bulan kemarau, siapa tahu masih akan ada awan Cumulonimbus yang berpotensi terbentuknya Kilat dan Petir.

Berhati-hatilah.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar