Skip to content


Penangkal Petir : Keliru yang diwariskan.

pointed_lightning_rodSetiap kali saya membaca artikel ataupun makalah ilmiah popular yang berkaitan dengan petir, saya selalu merasa ada yang tidak sreg dengan bahasa penangkal petir. Coba simak cuplikan tulisan artikel ini :
Penulis pun lantas teringat mata kuliah dasar listrik magnet yang menjelaskan tentang prinsip kerja penangkal petir. Berdasarkan pengalaman mengaktifkan HP di ruang terbuka ketika turun hujan, ternyata HP itu pun bekerja seolah-olah menjadi penangkal petir. Mengapa begitu?
Penangkal petir umumnya terbuat dari besi atau bahan yang bersifat konduktor (muatan elektron yang dapat bergerak bebas). Karena muatan listrik pada konduktor (elektron) dapat bergerak bebas, maka secara teori fisika, muatan-muatan listrik hanya berada pada permukaan benda-benda konduktor.
(http://www2.kompas.com/kesehatan/news/0209/30/215428.htm )

Dalam publikasi yang lain juga ditulis seperti ini :
Penangkal petir adalah rangkaian jalur yang difungsikan sebagai jalan bagi petir menuju ke permukaan bumi, tanpa merusak benda-benda yang dilewatinya. Ada 3 bagian utama pada penangkal petir:
1. Batang penangkal petir
2. Kabel konduktor
3. Tempat pembumian
http://id.wikipedia.org/wiki/Penangkal_petir
Rupanya kegelisahan saya ini semakin sempurna, ketika saya coba mencari dari sumber terakhir yang saya anggap paling bisa dipercaya yaitu KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Ternyata di KBBI pun dituliskan dengan jelas sebagai berikut :

kbbi-penangkal1

Padahal jelas disebutkan bahwa penangkalan adalah proses, cara, perbuatan menangkal; penolakan; pencegahan.
Jadi kalau itu penangkalan pada petir berarti proses, cara, perbuatan menangkal, menolak, mencegah petir.
Sedangkan dalam kenyataannya, dengan dipasangnya besi tersebut bukan malah menangkal, menolak atau mencegah, justru mengundang petir supaya datang ke besi tersebut, sehingga petir berdatangan. Tentu saja kalau ini, namanya bukan menangkal, malah menangkap.
Mengapa begitu ? Berdasarkan persamaan kerapatan muatan, maka besi (metal) lancip yang dipasang di atas gedung, lebih mudah terionisasi daripada logam bentuk bulat. Makanya, peralatan yang dipasang di atas gedung-gedung terbuat dari metal/logam dan bentuknya lancip, hal ini dimaksudkan supaya, pada ujung logam tersebut mudah terionisasi sehingga jalur petir yang akan mengalirkan listrik statis dari awan lebih mudah terbentuk. Setelah petir mengenai ujung metal, kemudian arus listrik statis ini dihantarkan ke bumi melalui konduktor. Dengan demikian nama alat tersebut mestinya bukanlah Penangkal Petir, tapi PENANGKAP PETIR.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar