Skip to content


Pohon Kandri Penangkal Petir ?

Ada Petir menyambar …. ingat Ki Ageng Selo. Ya Legenda dari Demak, yang mengisahkan keberhasilan Ki Ageng Selo menangkap dan memenjarakan petir, bahkan sampai mengadilinya, sehingga petir “kapok” tidak akan berani lagi menyambar di daerah Demak.
Tapi petir yang ini adalah Petir beneran yang terjadi pada saat mendung atau hujan.
Kita sudah sering mendengarnya, bahkan akibat paling buruk berupa kematian sudah banyak dikabarkan bahkan suatu ketika Petir juga mengakibatkan terbakarnya kilang minyak di Pertamina Cilacap.

Untuk mengatasi masalah keamanan suatu gedung tinggi atau peralatan yang ada dalam gedung tinggi, maka sering dikatakan harus dipasang penangkal petir.
Manakah yang betul, dipasang PENANGKAL PETIR atau PENANGKAP PETIR ?

Pada saat saya cari definisi Penangkal Petir pada mesin pencari di internet, hampir 99% yang dimaksud penangkal adalah peralatan yang dipasang di atas gedung ( semacam finial ) yang berfungsi untuk menyalurkan arus petir pada saat ada sambaran petir.

Ini merupakan bahasa salah kaprah.
Mestinya, jika dengan alat tersebut membuat petir lebih suka untuk mendekati dan menyambar, maka namanya bukan lagi PENANGKAL, tapi PENANGKAP petir.
Contoh penangkap petir adalah logam yang berujung lancip yang dipasang di atas gedung-gedung tinggi, dipasang di atas menara BTS dan lain-lain.
Dengan dipasang alat tersebut, bukannya petir menjauh, malah sebaliknya, petir akan suka sekali untuk mendekat dan suka sekali untuk menyalurkan arus petir melalui alat yang lancip tadi.

Sedangkan fungsi Penangkal Petir yang sesungguhnya, mestinya dengan keberadaannya di suatu tempat, membuat Petir tidak mau ke tempat tersebut.
Contoh yang sudah dilakukan adalah dengan menanam pohon Kandri sebagaimana yang dilakukan di Pertamina Cilacap.

http://www.suaramerdeka.com/harian/0312/08/dar24.htm

Dalam berita tersebut, dituliskan :
kata Kahupmas Pertamina UP IV Drs M Husni Banser, Sabtu (7/12)
“Selain memasang alat penangkal petir canggih, di kompleks kilang juga ditanami pohon kandri. Konon pohon kandri dipercaya sebagai tanaman yang bisa dijadikan sebagai penangkal petir. Sebab, akar pohon kandri cukup panjang dan mampu menembus ke lapisan tanah yang cukup dalam, sehingga batang tanaman itu bisa berfungsi seperti ground.”

Menurut saya, pernyataan ini masih memiliki 2 persepsi. Jika pohon kandri ini memiliki akar yang cukup panjang sehingga bisa berfungsi seperti ground, alternatif :
1. Jika sebagai penangkal petir, apakah akar yg dalam ini bisa menetralisir proses ionisasi yang terjadi dipermukaan bumi, sehingga petir yang akan terbentuk semakin sulit ? atau
2. Jika sebagai penangkap petir, maka akar yang panjang dan sebagai ground justru akan dilewati arus petir ?

Jika pernyataan nya, dengan adanya pohon kandri, maka disekitar kilang pertamina tidak ada lagi petir, maka yang benar adalah alternatif 1.

kelandri

Kandri mas Paidjo 2

 

(Pohon Kandri ini difoto dan dikirim oleh mas Sardjana, alumni elektro Undip).
Lalu, ada apa sebenarnya dengan POHON KANDRI ( Bridelia monoica ) ?
Menurut informasi Mas Mustaqim, ” orang tua dulu menyebutnya KELANDRI.
Pohon ini paling mudah tumbuh di areal eks kritis, misalnya daerah bekas kebakaran hutan, atau aliran lahar gunung berapi. jadi penangkal petir mungkin karena akarnya yg kuat? entahlah. yang jelas akan banyak burung yg singgah karena buahnya yg lebat, … seperti pohon wuni
Pohon Kelandri ini masih keluarga pohon angsana, cuman ada buahnya. Nama inggrisnya juga keren, pop gun seed. contoh gambarnya seperti di atas”.

Benarkah pohon kelandri ini sebagai PENANGKAL PETIR ?
Jika benar sebagai Penangkal Petir, berarti awan yang ada di atas tidak mampu mengionisasi permukaan bumi, sehingga arus di awan tidak bisa mengalir ke permukaan bumi.

Wallahu a’lam bish showab..

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar