Skip to content


Partial Discharge pada Bahan Resin Epoksi

Abdul Syakur, Hamzah Berahim, Tumiran, Rochmadi
Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik UNDIP
Jl. Prof. Soedarto SH, Tembalang, Semarang 50275
Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik – UGM
Jurusan Teknik Kimia– Fakultas Teknik – UGM
Jl. Grafika Utara – Yogyakarta

ABSTRAK
Material polimer sekarang ini telah digunakan secara luas sebagai isolasi peralatan tegangan tinggi. Dalam penggunaannya, isolasi polimer dapat mengalami penurunan kualitas isolasi atau degradasi hingga tidak dapat berfungsi
sebagai isolator yang layak. Salah satu penyebabnya utama penurunan kualitas isolasi adalah karena adanya cacat berupa tonjolan atau konduktor runcing pada
interface konduktor dan isolasi sehingga menyebabkan partial discharge (PD). Oleh karena itu, sangat perlu untuk meneliti karakteristik dari partial discharge.
Pada makalah ini membahas hasil penelitian tentang pengaruh besar tegangan dan lamanya waktu penerapan tegangan pada karakteristik PD. Sampel yang digunakan adalah resin epoksi dengan sistem pengukuran menggunakan elektroda jarum-bidang pada tegangan AC. Besaran yang diinvestigasi adalah jumlah muatan positif dan negatif, serta muatan maksimum positif dan negatif partial discharge.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik partial discharge dielektrik isolasi resin epoksi sebagai fungsi waktu dengan besar tegangan bervariasi. Semakin lama penerapan tegangan maka jumlah PD muatan positif dan negatif cenderung meningkat. Demikian juga pada muatan maksimum PD muatan positif dan negatif.

Share on Facebook
Be Sociable, Share!

Posted in Berita.

Tagged with , , .


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Comments links could be nofollow free.



Skip to toolbar